Jumat 29 Apr 2022 23:49 WIB

Jalur Alternatif Karawang Jadi Senjata Atasi Kemacetan

Sepeda motor akan diarahkan ke jalur alternatif jika jalur arteri padat.

Foto udara kendaraan memadati jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) malam. H-4 Lebaran 2022 jalur Pantura Karawang  mulai dipadati pemudik.
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Foto udara kendaraan memadati jalur Pantura Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) malam. H-4 Lebaran 2022 jalur Pantura Karawang mulai dipadati pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Kasatlantas Polres Kabupaten Karawang AKP Laode Habibi Ade Jama menyebutkan jalur alternatif khusus sepeda motor akan menjadi 'senjata pamungkas' dalam upaya mengatasi kemacetan di jalan arteri."Kami telah menyiapkan sarana untuk jalur alternatif pemudik, sepeda motor itu. Beberapa pemudik sudah ada yang menggunakan jalur itu secara mandiri," katanya, Jumat (29/4/2022).

Ia menyampaikan jalur alternatif itu sudah disiapkan sarana dan prasarananya. Pos pengamanan dan petunjuk arah telah disiapkan untuk memandu para pemudik yang melintas.

Baca Juga

Meski sudah ada pemudik sepeda motor yang melintasi jalur alternatif, tapi petugas belum mengarahkan sepenuhnya agar pemudik bermotor melintasi jalur tersebut. Ia menyampaikan, hingga saat ini jalan arteri masih mampu menampung kendaraan pada arus mudik lebaran kali ini. Sehingga pihaknya belum mengarahkan pemudik bersepeda motor melintasi jalur itu.

Jalan alternatif khusus sepeda motor itu sendiri ialah jalan Lingkar By Pass Karawang, melintasi daerah Lamaran-Lemah Abang-Cilamaya-Cikalong dan tembus ke jalur Pantura."Jadi untuk penggunaan jalan alternatif itu situasional. Jika kondisi jalan arteri hingga ke Simpang Jomin sudah sangat padat, baru pemudik bersepeda motor diarahkan ke jalur alternatif," kata Kasatlantas.

 

Sementara itu, pada Jumat (29/4/2022) sore hingga malam, para pemudik memadati jalan arteri Karawang. Tak hanya pemudik bersepeda motor yang melintas, banyak juga kendaraan pribadi dan bus yang melewati jalan arteri menuju arah jalur Pantura Jawa.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement