Senin 25 Apr 2022 14:44 WIB

Penyebab Pemadaman Kebakaran Pasar Gembrong Makan Waktu Hingga 13 Jam

Api yang Membakar Pasar Gembrong baru tuntas dipadamkan pada Senin pagi.

Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Ahad (25/4). Sedikitnya 14 mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar sejumlah bangunan pertokoan dan rumah warga di Pasar Gembrong.
Foto:

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, hari ini meninjau langsung lokasi kebakaran Pasar Gembrong. Ia menjanjikan tindakan dan bantuan lebih lanjut bagi 1.500 warga korban kebakaran.

“Jadi ini adalah sebuah musibah dan kita akan langsung melakukan tindakan bantuan untuk masyarakat yang terdampak,” kata Anies di lokasi, Senin.

 

Anies menyebut, melalui Dinas Sosial DKI Jakarta, pihaknya telah menyiapkan kebutuhan dasar makan, minum hingga sandang dan pangan. Dia berharap, bantuan itu bisa membantu sementara para warga untuk bertahan.

Tak hanya itu, Pemprov DKI melalui Disdukcapil, juga langsung menyiapkan catatan kependudukan. Dikatakan dia, hal itu akan membantu dokumen dan berbagai hal terkait kependudukan yang ludes terbakar.

Khusus para pedagang, Anies menyebut, pihaknya juga langsung menyiapkan lahan sementara untuk 40 kios, masih di kawasan pasar. Termasuk, modal kerja untuk mulai kembali berusaha.

 

“Jadi Insya Allah bisa langsung disiapkan di situ. Plus diberikan bantuan modal kerja untuk mereka yang terdampak agar mereka punya bekal awal, modal awal untuk memulai lagi,” katanya.

Mantan Mendikbud itu menegaskan, Pemprov DKI akan menyertai warga dalam musibah tersebut. Dia memastikan, kebutuhan utama warga akan langsung ditangani Pemprov DKI.

 

“Kami akan dampingi, kami akan bantu dan kami akan pastikan semua dukungan yang diperlukan bisa diberikan,” Jelas dia.

Diketahui, pada area seluas 1.200 meter persegi itu, setidaknya ada 400 bangunan yang ludes terbakar. Dari bangunan pertokoan dan rumah itu, kerugian mencapai Rp 1,5 miliar.

Berdasarkan informasi, ada sekitar 1.500 warga dari RW 01 Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, yang terdampak musibah kebakaran. Api yang diduga berasal karena korsleting listrik itu, merembet sekitar pukul 21.00 WIB Ahad (24/4/2022) dan mulai padam pendinginan pada Senin (25/4/2022) pukul 08.00 WIB.

 

photo
Robot pemadam kebakaran - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement