Senin 25 Apr 2022 12:59 WIB

Korban Kebakaran Pasar Gembrong Teriakkan Dukungan Presiden, Ini Respons Anies

Anies berharap korban kebakaran bisa bersabar dan menjanjikan bantuan.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Agus raharjo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4).
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Senin (25/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, menyambangi lokasi kebakaran Pasar Gembrong di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur pada Senin (25/4/2022). Dalam kunjungannya, Anies menyapa warga dan sempat diteriaki ‘Anies jadi Presiden’.

“Siap jadi presiden, Pak? kita pendukung berat cuman lagi kena musibah,” kata seorang warga berteriak saat didatangi Anies, Senin (25/4/2022).

Baca Juga

Dalam sahut-sahutan suara warga mendukung Gubernur DKI Jakarta itu, Anies merespons singkat. Dia berdalih tak memusingkan dukungan warga dengan menjawab singkat. “Ini lagi kebakaran Pak,” tegas Anies.

Meski demikian, Anies tak merespons beberapa teriakan warga dari lokasi kebakaran tersebut. Alih-alih menjawab pertanyaan warga dan wartawan, Anies melanjutkan pantauannya dan kembali berkeliling.

“Jadi presiden Pak,” kata warga lainnya. Masih dalam kunjungan dan teriakan tersebut, Anies menyapa warga dan memintanya untuk bersabar.

Pihaknya, menjanjikan tindakan dan bantuan lebih lanjut bagi 1.500 warga korban kebakaran tersebut. Menurut Anies, saat ini pihak dia tengah menyiapkan tenda sementara untuk selanjutnya diungsikan pada dua shelter sementara di sekitar lokasi.

“Jadi ini adalah sebuah musibah dan kita akan langsung melakukan tindakan bantuan untuk masyarakat yang terdampak,” kata Anies.

Dia menyebut, melalui Dinas Sosial DKI Jakarta, pihaknya telah menyiapkan kebutuhan dasar makan, minum hingga sandang dan pangan. Dia berharap, bantuan itu bisa membantu sementara para warga untuk bertahan.

Tak hanya itu, Pemprov DKI melalui Disdukcapil, juga langsung menyiapkan catatan kependudukan. Dikatakan dia, hal itu akan membantu dokumen dan berbagai hal terkait kependudukan yang ludes terbakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement