Selasa 12 Apr 2022 15:23 WIB

Jalankan Dua Usaha, Mahasiswa Universitas BSI Yogyakarta Sukses Jadi Entreprneur Muda

Universitas BSI memberikan dukungan dan bimbingan serta konsultasi untuk mahasiswanya

Khoirul Muttaqin, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta, sukses menjadi entrepreneur muda.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Khoirul Muttaqin, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta, sukses menjadi entrepreneur muda.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Khoirul Muttaqin, mahasiswa program studi (prodi) Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta, sukses menjadi entrepreneur muda. Ia berhasil menjalankan dua usaha sekaligus, dengan mengembangkan usaha sebagai agen obat herbal dan juga pelayanan keuangan dan administrasi.

Khoirul mengaku, sebelum menjalankan usaha ini, ia sempat melakukan riset pasar terkait usaha yang akan dijalankannya itu. Lewat agen bisnis obat, ia bekerja sama dengan Halal Network International (HNI), sedangkan di bidang keuangan dan administrasi, bekerja sama dengan BANK BRI dan Samsat Yogyakarta.

Baca Juga

“Sejak SMA, saya sudah niat untuk memulai bisnis tersebut. Berdasarkan riset yang dijalani, usaha tersebut kedepannya akan membuahkan hasil yang baik. Namun dalam menjalankan bisnis, tentunya tidak selalu mulus. Saya pernah kehilangan uang belasan hingga puluhan juta dari pelanggan,” ujar Khoirul dalam keterangan tertulis, Selasa (12/4/2022).

Ia menambahkan, hal tersebut tidak membuatnya terpuruk, namun bisa membuatnya menjadi lebih optimistis, untuk belajar meningkatkan kedua usaha tersebut. Ia bertekad, untuk mengembangkan usaha ini agar dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dalam menjalankan usahanya itu, Khoirul mendapatkan dukungan dari kampus melalui lembaga BSI Enterpreneur Center (BEC).

“Kampus memberikan dukungan dan bimbingan serta konsultasi untuk menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Selain itu, banyak tips yang diberikan untuk mengembangkan usaha. Sehingga saya bisa terus berkembang dan konsisten dalam menjalankan usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Noor Hasan selaku koordinator BEC Universitas BSI kampus Yogyakarta mengungkapkan, BEC selalu siap memberikan dukungan kepada mahasiswa yang memiliki usaha, agar mendapatkan solusi dalam mengembangkan usahanya. BEC juga mengadakan seminar dan workshop untuk kemajuan usaha mahasiswa.

“Kami sangat senang, ketika mahasiswa mengutarakan permasalahan yang mereka alami dalam bisnis yang mereka jalani. Selain mencarikan solusi, kami juga akan berupaya untuk menjalin hubungan baik sehingga kedepannya usaha para mahasiswa akan terus berkembang dan mendatangkan manfaat kepada sesama,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement