Senin 11 Apr 2022 15:17 WIB

Waketum PAN: Hormati Sikap Presiden Jokowi, Kita Fokus ke 2024

Pernyataan Presiden Jokowi dinilai sudah sesuai dengan tuntutan mahasiswa.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto meminta semua pihak menghargai pernyataan Presiden Joko Widodo yang menegaskan bahwa pemilihan umum (Pemilu) 2024 dilaksanakan sesuai jadwalnya. Ia juga menegaskan, bahwa partainya sejak awal fokus untuk kontestasi nasional tersebut.

"Kita fokus ke 2024, arahan Bang Zul fokus ke 2024. Bang Zul tuh keliling tiap hari ke Jawa Timur delapan hari, dia kan ke Jawa Tengah 10 hari, saya juga keliling, kita fokus ke 2024," ujar Yandri di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/4).

Baca Juga

Ia kembali meminta semua pihak menghormati pernyataan Jokowi terkait Pemilu 2024. Menurutnya, pernyataan tersebut telah menutup wacana penambahan masa jabatan presiden yang digulirkan segelintir pihak.

"Harusnya dengan pernyataan Pak Jokowi seperti itu sudah tertutup semua peluang untuk memperpanjang atau menambah periodisasi presiden," ujar Yandri.

Pernyataan Jokowi, nilai Yandri, juga sudah sesuai dengan salah satu tuntutan mahasiswa yang menggelar aksi pada hari ini. PAN sepakat agar wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabat presiden dihentikan segera.

"Kami dari partai politik ya sangat sepakat bahwa tidak ada lagi wacana untuk mengundurkan pemilu atau memperpanjang masa jabatan atau menambah periodisasi jabatan presiden," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PAN itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 pada Ahad (10/4). Saat membuka rapat terbatas, Jokowi memastikan pemilu dan pilkada serentak akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni pada 2024 nanti.

“Siang hari ini kita akan bahas secara lebih detail mengenai persiapan pemilu dan juga pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2024,” kata Jokowi saat membuka rapat persiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024, Ahad (10/4).

Jokowi meminta jajarannya agar menyampaikan kepada masyarakat seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak yang telah ditetapkan. Ia menegaskan, pemilu akan tetap dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan pilkada serentak akan digelar pada November 2024.

“Saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas semuanya, sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024,” ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement