Jumat 01 Apr 2022 11:08 WIB

UBSI Kampus Tegal Kembali Jadi Tuan Rumah Penjurian Lomba Krenova Bappeda 2022

Bappeda Kota Tegal mempercayakan penjurian tahap pertama kepada Universitas BSI

Bappeda Kota Tegal mempercayakan penjurian tahap pertama kepada Universitas BSI.
Foto: UBSI
Bappeda Kota Tegal mempercayakan penjurian tahap pertama kepada Universitas BSI.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL – Universitas BSI (Bina Sarana Infomatika) kampus Tegal kembali menjadi tuan rumah dalam kegiatan Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Tegal. Kegiatan yang berjalan atas kerja sama antara Universitas BSI dengan Bappeda ini dibagi menjadi beberapa tahapan.

Tahap pertama dimulai pada Senin-Selasa pada 28 – 29 Maret 2022. Untuk jadwal pelaksanaan penjurian tahap kedua akan dilaksanakan di Bappeda Kota Tegal pada 5–7 April 2022 mendatang. Peserta yang mengikuti Lomba Krenova terdiri dari mahasiswa perwakilan dari beberapa kampus di wilayah Tegal, siswa/siswi sekolah, dan masyarakat umum.

Baca Juga

Sebelum masuk proses penjurian, calon peserta harus mendaftarkan diri dan mengunggah formulir pendaftaran serta proposal di web resmi Krenova 2022 di laman https://bappeda.tegalkota.go.id/krenova/.

Dalam Lomba Krenova tahun 2022 ini, Universitas BSI kampus Tegal mengirimkan mahasiswa pilihannya sebagai perwakilan. Ada empat kelompok yang menjadi perwakilan Universitas BSI Tegal, yaitu:

Kelompok 1: diketuai Fauziah dengan karya Monitoring Suhu dan Asap Pada Ruangan Berbasis Internet of Things (IoT).

Kelompok 2: diketuai Reiza dengan karya Alat Pendeteksi Penggunaan Masker dan Pendeteksi Suhu Tubuh Untuk Meminimalisir Penyebaran Covid-19.

Kelompok 3: diketuai Dwi Agustiara dengan karya Sibukia-Sistem Informasi Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

Kelompok4: diketuai Karlina Astuti dengan karya Cllicklayout Script untuk Otomatisasi Layout Digital Printing.

Kelompok dari Universitas BSI terdiri dari perwakilan mahasiswa prodi Teknologi Komputer, Sistem Informasi, dan Sistem Informasi Akuntansi.

Krenova tahun ini menghadirkan beberapa juri yang kompeten di bidangnnya di antaranya dari Bappeda, Dinkes, Dikbud, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, dan dosen Universitas BSI kampus Tegal serta dosen perguruan tinggi lain yang ada di Kota Tegal. Ketua Prodi Teknologi Komputer Universitas BSI kampus Tegal, Suleman, juga bertindak sebagai juri.

Suleman mengatakan Universitas BSI selalu mendorong para mahasiswanya untuk mengikuti berbagai perlombaan atau kejuaraan baik tingkat lokal maupun nasional. Hal itu untuk mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa Universitas BSI.

“Mengikuti berbagai kegiatan perlombaan merupakan upaya mahasiswa mengukur kemampuannya untuk bersaing dengan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di tanah air,” kata Suleman, Kamis (30/3/2022).

Kepala kampus Universitas BSI kampus Tegal Warjiyono menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yakni Bappeda yang sudah mempercayakan penjurian tahap pertama ini kepada Universitas BSI. “Semoga kerja sama ini bisa dilanjutkan di bidang lainnya. Saya berharap acara ini bisa terus berlanjut dan menghasilkan temuan-temuan dan inovasi terbarukan untuk masyarakat Kota Tegal,” ungkap Warjiyono.

Bappeda Kota Tegal memberikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas BSI yang sudah mendukung penjurian lomba Krenova tahap pertama ini sehingga Krenova dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Semoga ke depan lebih banyak lagi pesertanya dengan penemuan dan inovasi yang dihasilkan sebagai kontribusi untuk kemajuan dan pembangunan Kota Tegal tercinta,” kata perwakilan Bappeda Kota Tegal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement