Sabtu 19 Mar 2022 09:29 WIB

Dosen Universitas BSI Ikuti Sertifikasi Calon Pembimbing TA dan Skripsi

Universitas BSI gelar sertifikasi calon pembimbing tugas akhir (TA) dan skripsi

Universitas BSI gelar sertifikasi calon pembimbing tugas akhir (TA) dan skripsi.
Foto: UBSI
Universitas BSI gelar sertifikasi calon pembimbing tugas akhir (TA) dan skripsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa baik jenjang diploma maupun sarjana yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, perlu diadakan sertifikasi calon pembimbing tugas akhir (TA) dan skripsi. Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melangsungkan sertifikasi secara daring pada Kamis (10/3/2022) sejak pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Sertifikasi ini menghadirkan narasumber dari panitia TA dan skripsi serta perwakilan program studi yang ada di Universitas BSI. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi pemaparan. Sesi pertama adalah pemaparan tentang ketentuan serta teknis penulisan TA dan skripsi. Sedangkan sesi selanjutnya dijelaskan tentang outline TA dan skripsi yang akan disampaikan oleh masing-masing prodi.

Baca Juga

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI Ani Wijayanti turut hadir dalam acara ini. Ia menuturkan dosen pembimbing TA dan skripsi merupakan ujung tombak dalam mengawal tahapan yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang telah selesai menempuh perkuliahan hingga dinyatakan lulus.

Ia juga mengingatkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa yang mereka bimbing harus terjaga dengan baik. “Selama proses bimbingan, permasalahan yang sering terjadi antara dosen pembimbing dengan mahasiswa yang dibimbing adalah masalah komunikasi. Diharapkan mahasiswa bersemangat untuk menyelesaikan tahap akhir kuliah dan tidak ada lagi alasan mahasiswa untuk tidak menyelesaikan tahapan terakhir ini,” ujar Ani.

Ahmad Setiadi selaku panitia TA dan skripsi Universitas BSI memaparkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk membimbing TA maupun skripsi. Syarat-syarat itu yakni dosen telah dua semester mengajar di Universitas BSI, berpendidikan minimal S2, memiliki jabatan fungsional minimal asisten ahli serta lulus sertifikasi TA dan skripsi bagi calon dosen pembimbing.

Sedangkan ketua prodi Teknik Elektro Universitas BSI Suryanto menyampaikan ada persyaratan yang harus diketahui oleh mahasiswa yang akan mendaftar TA dan skripsi. Mahasiswa juga harus fokus pada pilihan outline yang ada di masing-masing prodi saat melakukan pendaftaran TA maupun skripsi.

Miwan K. Hidayat selaku Ketua Prodi Teknik Industri Universitas BSI mengatakan penulisan TA dan skripsi mahasiswa harus memperhatikan teknik penulisan yang sesuai kaidah penulisan karya ilmiah serta outline TA dan skripsi yang telah dipilih. “Dalam penulisan TA maupun skripsi semua mahasiswa harus perhatikan teknik penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement