Rabu 16 Mar 2022 10:26 WIB

Gempa Ikut Dirasakan Warga Bandung, Ini Penjelasan BMKG

Seorang warga Bandung mengatakan, gempa cukup terasa selama beberapa detik.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Getaran gempa terasa di wilayah Bandung Raya khususnya di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung titik gempa berada di Sukabumi.

Gempa di Sukabumi memiliki magnitudo 5.5 sekitar pukul 10.00 dengan koordinat 7.94 LS, 106.94 BT atau 113 kilometer dari tenggara Kota Sukabumi. Kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

Baca Juga

Salah seorang warga asal Kabupaten Bandung, Siti mengaku merasakan getaran gempa saat tengah mengajar di rumah sekitar pukul 10.00 WIB. Ia pun sempat kaget dan memilih keluar rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. "Terasa sekali getaran gempanya beberapa detik," ujarnya saat dikonfirmasi. Setelah getaran gempa dirasa tidak ada, ia pun kembali untuk mengajar.

Salah seorang warga lainnya, Rahmadi, mengaku kaget dengan getaran gempa yang terasa di wilayahnya di Kota Bandung. Ia yang tengah berada di ruangan sempat mencari tempat aman, tetapi beruntung getaran gempa hanya terjadi beberapa detik. "Iya gempa, terasa sekali," ungkapnya. Ia pun berharap tidak terjadi dampak akibat gempa tersebut.

 

Sejumlah warga yang berada di wilayah Cimahi, Kabupaten Bandung Barat pun turut merasakan getaran gempa yang terjadi. BMKG melansir, gempa yang terjadi di wilayah Sukabumi tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement