Selasa 01 Mar 2022 21:05 WIB

Irigasi Meluap, 60 KK di Lamongan Terdampak Banjir

Pemukiman warga dan jalan desa masih terendam air hingga Selasa siang.

Evakuasi warga terdampak banjir (ilustrasi).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Evakuasi warga terdampak banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 60 kepala keluarga (KK) di Desa Bulubrangsi dan Desa Gedog, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, terdampak banjir dengan tinggi muka air 40-60 sentimeter. Menurut laporan BNPB, Selasa (1/3/2022), banjir diakibatkan oleh saluran irigasi meluap.

Menurut BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan melaporkan banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut. Hujan itu membuat debit air di waduk Jajong yang tidak memiliki dam naik signifikan.

Baca Juga

"Volume air yang besar mengakibatkan luapan di sepanjang aliran irigasi di Desa Gedog dan mengarah ke Desa Bulubrangsi sampai kali Banayar dan Sungai Pajang yang bermuara di Sungai Bengawan Solo," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Abdul mengatakan, dari peristiwa itu, sebanyak 60 unit rumah terendam banjir, termasuk lahan pertanian seluas 25 hektare. Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa, namun banjir membuat aktivitas dan mobilitas warga terkendala.

BPBD Lamongan bersama instansi terkait telah berada di lokasi guna melakukan kaji cepat dan pendataan terkait dengan dampak yang ditimbulkan. Kondisi mutakhir yang dilaporkan hingga Selasa (1/3/2022) pukul 11.00 WIB, pemukiman warga dan jalan desa masih terendam air, namun tinggi muka air sudah berangsur surut.

Menurut informasi peringatan dini cuaca dari BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Lamongan hingga Kamis (3/3). Menyikapi hal tersebut, BNPB mengimbau kepada seluruh komponen pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat dapat mengantisipasi potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement