Sabtu 26 Feb 2022 18:14 WIB

BMKG Survei Geofisika di Lokasi Gempa Pasaman

BKMG melakukan survei geofisika di lokasi gempa Pasaman.

Orang-orang memeriksa masjid yang rusak setelah gempa bumi di Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia, Jumat, 25 Februari 2022.
Foto:

Dwikorita mengatakan pihaknya juga akan melakukan survei dan pengukuran berbagai jenis tanah dan bebatuan di sekitar pusat gempa."Kemudian dari hasil pengukuran bisa dipetakan secara faktual zona mana yang rentan mengalami goncangan kuat di kemudian hari," katanya.

Lalu akan terverifikasi daerah dengan tingkat kerentanan tinggi, menengah dan rendah sebagai bahan informasi bagi pemerintah daerah dalam membangun kembali."Jadi tahu mana zona yang rentan sehingga konstruksi bangunan di zona itu harus disesuaikan lebih tahan gempa," katanya.

 

Selain itu seandainya diperlukan relokasi maka akan disurvei tempat yang lebih aman.Ia memaparkan survei akan dilakukan selama sepekan ke depan dan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat."Meski kita selalu imbau warga jangan panik tapi kan masih bergetar terus, dengan demikian masyarakat akan tahu apa yang sebenarnya terjadi dan tidak mudah terpancing isu hoaks," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement