Jumat 18 Feb 2022 11:50 WIB

Ini 7 Skill Incaran Perusahaan pada Masa Depan

Menurut WEF sekitar 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dari manusia ke mesin

Manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bidang Industri terus mengalami perkembangan, diperkirakan pada masa depan teknologi akan menciptakan robot dengan kecerdasan buatan untuk menggantikan pekerjaan manusia yang bersifat repetitif. Bahkan, menurut World Economic Forum (WEF) pada 2025, sekitar 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dari tenaga manusia ke mesin.

Sehingga, manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan oleh mesin di masa depan. Lalu, apa saja skill yang menjadi incaran perusahaan di masa depan? Rachmat Suryadithia selaku kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) membeberkan 7 skill yang paling dicari oleh perusahaan di masa depan, yaitu:

Baca Juga

1. Social Intelligence

Manusia sebagai makhluk sosial tentu mampu berinteraksi dengan manusia lainnya, walaupun berada di bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Social intelligence merupakan bentuk empati, kejujuran serta rasa kepercayaan diri dan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan isu sosial. Skill ini sangat dibutuhkan untuk membangun relasi dan networking terhadap individu lainnya.

 

2. Embracing Change

Skill ini menjadi incaran para perusahaan di masa depan, karena individu dianggap memiliki kemampuan atau ketangkasan secara cepat dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan kerja. Otak manusia dituntut harus bersifat fleksibel dan mampu menyerap perubahan agar menjadi keterampilan dan inovasi.

3. Leadership

 

Secanggih-canggihnya robot dan mesin dalam perhitungan dan diagnostik, pada nyatanya keterampilan leadership hanya dimiliki oleh manusia. Leadership harus memiliki keseimbangan antara empati, simpati, pekerjaan serta pemikiran yang lebih maju di banding lainnya. Skill ini menjadi modal utama perusahaan di masa depan untuk merekrut karyawan yang mampu memahami situasi sosial secara baik. Selain itu, skill ini juga menjadikan manusia lebih unggul ketimbang robot dalam mengambil keputusan dan tindakan.

4. Kreatif dan Inovatif

Robot dan teknologi tercipta karena adanya inovasi. Inovasi inilah yang menjadi cikal bakal skill kreatif dan inovatif dari manusia yang selalu berpikir kritis sehingga mampu menciptakan inovasi yang bersifat novelty dan lebih kreatif. Inovasi ini tidak akan bisa ditirukan oleh robot sekalipun. Manusia mampu menciptakan inisiatif dalam memberikan ide-ide kreatif di dunia kerja pada masa depan.

5. Mahir Teknologi

Tranformasi digital yang menguasai dunia industri kerja menuntut manusia harus terampil dalam menggunakan teknologi. Manusia harus memiliki bekal pengetahuan yang baik dan bijak dalam penerapan teknologi bahkan mampu menjadi kaum kritisi yang memberikan pemikiran inovatif dan kreatif. Selain itu, manusia harus memahami dampak potensial dari teknologi terbaru.

6. Fleksibilitas

 

Banyak perusahaan yang mencari karyawan yang dapat bersifat fleksibiltas saat bekerja. Pada umumnya, perusahaan lebih memilih individu yang dapat mengerjakan banyak hal dalam waktu singkat ketimbang mencari individu lainnya untuk menempati posisi tersebut. Manajemen waktu dan produktivitas merupakan kunci utama fleksibilitas sebagai kayawan yang diinginkan perusahaan di masa depan, karena dianggap memiliki kemampuan dalam merencanakan, memecahkan masalah hingga menyelesaikan tugas.

7. Critical Thinking

Di tengah gempuran sistem automasi, perusahaan lebih memilih individu yang memiliki kemampuan berpikir logis dan alasan kuat. Perusahaan menginginkan individu yang mampu bersifat critical thinking dalam mengevaluasi penggunaan teknologi dan pemanfaatan sebagai alat perusahaan.

Setelah mengetahui deretan skill yang menjadi incaran perusahaan di masa depan, tentunya sebagai individu yang memiliki rasa ingin tahu yang kuat, harus mampu meningkatkan skill dan mengasah kemampuan. Deretan skill di atas tak hanya bisa didapatkan begitu saja, namun individu wajib melatih diri melalui pengalaman dan keberanian. Silahkan mencari berbagai skill tersebut dalam pendidikan non formal ataupun formal. Salah satu tempat yang dapat ditempuh secara formal yakni kampus Universitas BSI dan silahkan cek informasi lebih lanjut di https://bsi.today/.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement