Jumat 11 Feb 2022 21:41 WIB

Kabar Terkini Pandemi Covid-19, Obat Baru Hingga Protes Mandat Vaksin

Korsel melaporkan 53.926 kasus baru COVID-19 pada Jumat (11/2/2022).

Pengemudi truk berkonvoi menuju Parliament Hill di Ottawa, Kanada, Sabtu (29/1/2022). Mereka memprotes mandat vaksin.
Foto: Frank Gunn/The Canadian Press via AP
Pengemudi truk berkonvoi menuju Parliament Hill di Ottawa, Kanada, Sabtu (29/1/2022). Mereka memprotes mandat vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus covid-19 terus meningkat di berbagai belahan dunia. Indonesia kini juga mengalami penambahan kasus di angka 40 ribuan.

Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia:

Baca Juga

Asia-Pasifik

China akan mendukung penuh Hong Kong dengan strategi COVID-19 "nol dinamis". Kota itu diperkirakan akan mencetak rekor infeksi baru pada Jumat (11/2/2022).

Penduduk Australia akan memerlukan suntikan dosis booster agar dianggap telah disuntik lengkap dengan vaksin COVID-19. Sementara itu, pelancong asing masih akan diwajibkan vaksinasi dua dosis saja untuk masuk ke negara itu.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan melaporkan 53.926 kasus baru COVID-19 pada Jumat (11/2/2022). Negara itu telah mencatat jumlah kasus di atas 50.000 selama dua hari berturut-turut yang dipicu oleh varian Omicron. Angka kematian pada hari yang sama bertambah 49 orang sehingga totalnya menjadi 7.012 jiwa.

Makin banyak pengunjuk rasa yang menduduki halaman parlemen Selandia Baru pada Jumat. Mereka menyerukan pencabutan mandat vaksin dan pembatasan COVID-19 ketat, dan menolak menghentikan aksi meskipun polisi menangkap sejumlah orang.

Timur Tengah dan Afrika

Tunisia mulai Kamis (10/2/2022) mencabut aturan jam malam yang diberlakukan bulan lalu untuk mencegah penularan COVID-19.

Presiden Turki Tayyip Erdogan, yang menjalani isolasi sejak Sabtu (5/2/2022) setelah terinfeksi virus corona, telah menunjukkan hasil tes negatif.

Amerika

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis mengatakan kewajiban memakai masker pada anak-anak kemungkinan akan mulai dilonggarkan, ketika pemerintah berencana mulai memvaksinasi anak usia di bawah 5 tahun. Namun, Biden mengatakan terlalu dini untuk mencabut kewajiban itu secara menyeluruh.

Eli Lilly and Co mengatakan pada Kamis mereka telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah AS untuk memasok hingga 600 ribu dosis obat antibodi untuk COVID-19 dengan total nilai sedikitnya 720 juta AS (Rp10,3 triliun)

New York City berencana akhir pekan ini memecat sekitar 3.000 pegawai pemerintah yang tidak mau divaksin COVID-19.

Eropa

Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak permintaan Kremlin untuk menjalani tes COVID-19 di Rusia ketika dia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin pekan ini. Karena itu, Macron harus menjaga jarak dengan Putin selama pertemuan, kata dua sumber yang ikut rombongan Macron.

Perkembangan Medis

Novavax Inc mengatakan pada Kamis vaksin dua dosis buatannya 80 persen efektif melawan COVID-19 dalam uji coba tahap akhir pada remaja berusia 12-17 tahun.

Sebuah komite di Kementerian Kesehatan Jepang telah menyetujui obat COVID-19 oral buatan Pfizer.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement