Selasa 08 Feb 2022 17:37 WIB

Gelombang Ketiga Covid-19 yang Mulai Mengancam Nakes

Dari akhir Januari hingga 5 Februari 939 nakes dilaporkan positif Civid-19.

Tenaga kesehatan melakukan evakuasi pasien Covid-19 untuk dilakukan perawatan di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasbullah Abdulmajid, Kota Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan periode 30 Januari-05 Februari 2022, hasil skrining 9.161 staf di 34 rumah sakit di bawah Kementerian Kesehatan sebanyak 10,25 persen atau sekitar 939 staf rumah dinyatakan positif.
Foto:

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat mencatat setidaknya lima persen nakes di puskesmas tingkat kelurahan dan kecamatan masih menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah positif Covid-19. Angka itu juga termasuk nakes yang bertugas di rumah sakit umum daerah (RSUD).

"Saat ini, sekitar lima persen nakes kami di sejumlah puskesmas kelurahan, kecamatan, dan rumah sakit umum daerah terpapar Covid-19," kata Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (8/2/2022). Para nakes menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan. Apalagi, kasus Covid-19 di Jakarta Pusat terus mengalami kenaikan hingga 5.000 kasus.

Kondisi itu, menurut Erizon, menuntut nakes untuk kontak erat dengan pasien positif. Namun demikian, Erizon menyebut, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang optimal di tengah keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di puskesmas maupun RSUD.

"Jika nakes di puskesmas itu ada yang Covid-19, bukan berarti pelayanan di sana terhenti. Kepala puskesmas yang bisa menilai apakah puskesmas tersebut masih bisa beroperasi atau dialihkan ke fasilitas kesehatan lain," kata Erizon.

Salah satu puskesmas yang terpaksa menutup sementara pelayanan kesehatan dan pengobatan karena terbatasnya jumlah nakes adalah Puskesmas Kelurahan Kebon Sirih. Kepala Puskesmas Kecamatan Menteng Rusmala Dewi mengatakan, setidaknya ada tiga tenaga kesehatan yang harus melakukan isolasi sehingga pelayanan dan pengobatan di Puskesmas Kebon Sirih harus ditutup sementara.

Layanan kesehatan dan pengobatan pun dialihkan ke Puskesmas Kecamatan Menteng hingga sepekan mendatang. Namun, Puskesmas Kebon Sirih tetap beroperasi hanya untuk melayani vaksinasi dosis booster untuk warga yang sudah mendaftar.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan konsep pertahanan semesta. "Kita masih berperang. Saya percaya Indonesia sudah berapa kali perang selalu menang. Yang penting kita mau kompak bekerja sama. Kita memanfaatkan konsep pertahanan semesta," katanya, saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa siang.

Ia mengatakan konsep pertahanan semesta merupakan strategi berperang di mana rakyat yang paling berperan menentukan kalah atau menang. Peta kekuatan terbesar Indonesia, kata dia, bukan berada pada kekuatan yang dimiliki pemerintah, tapi kebersamaan masyarakat dalam menghadapi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Menkes mengatakan peralatan perang yang kini tersedia seperti penggunaan masker hingga vaksinasi Covid-19 perlu segera dimanfaatkan masyarakat. "Kita bisa mengatasi perang menghadapi pandemi ini, tetapi bukan di kita kekuatannya, kekuatannya ada di rakyat semua, ada di masyarakat semua. Senjatanya apa?, bukan pistol, bukan bom, senjatanya adalah pakai masker dan cepat divaksin," katanya.

Menkes mengimbau masyarakat yang masih memiliki keluarga pada kelompok rentan seperti lansia agar segera membawa mereka ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk divaksin. "Kalau kita punya bapak, punya ibu, punya kakek, punya nenek yang masih belum divaksin, cepat-cepat divaksin. Adalah tugas kita untuk melindungi orang tua kita," ujarnya.

Salah satu ciri dari pasien Omicron bergejala berat bahkan kritis umumnya berusia di atas 60 tahun dan memiliki komorbid (penyakit penyerta), ujar Budi.

photo
Panduan Batasan Pasien Covid-19 Selesai Jalani Isoman - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement