Senin 24 Jan 2022 17:33 WIB

Cari Tahu Yuk! Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi

Cari tahu perbedaan jurusan sistem informasi dan sistem informasi akuntansi

Jurusan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi punya kemiripan tapi ada beberapa perbedaan.
Foto:

Sementara itu, keunggulan Sistem Informasi berfokus menghasilkan programmer yang andal baik dalam menganalisis maupun mengevaluasi aplikasi yang telah diimplementasikan. Selain itu, jurusan Sistem Informasi juga menghasilkan seseorang yang ahli dalam merancang kebutuhan-kebutuhan IT di sebuah perusahaan. Mulai dari hardware dan software hingga menganalisis dan menentukan inti bisnis berbasis IT yang paling tepat untuk dijalankan perusahaan.

Jurusan ini juga mengajarkan tentang data warehouse dan bisnis intelligence yang menjadikan seorang database administrator. Ia dapat menganalisis dan menerapkan algoritma data mining, untuk mendukung kinerja bisnis perusahaan.

3. Kurikulum

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi Akuntansi disusun berbasis Outcome Based Education (OBE) dan up to date. Artinya disusun dengan memperhatikan kebutuhan dunia kerja saat ini. Kurikulum juga disusun dengan menitikberatkan pada tujuan, visi dan misi program studi, fakultas, dan universitas.

Dengan kurikulum tersebut, lulusannya diharapkan mampu menguasai dasar dan mempraktikkan ilmu teknologi informasi, ilmu komputer dan akuntansi, mampu berlogika dan bernalar dengan baik, mengembangkan diri secara menerus, dan memiliki dasar kepribadian profesional.

Sedangkan, kurikulum Sistem Informasi lebih berfokus untuk mencetak programmer yang andal dan menyeimbangkan antara kebutuhan teknologi informasi yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Dengan demikian Sistem Informasi memiliki mata kuliah unggulan yang meliputi web programming, mobile programming, manajemen proyek, e-business, teknologi web service, data warehouse, dan business intelligence.

4. Prospek Karier

Lulusan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi ini dipersiapkan untuk menjadi pakar IT Akuntansi. Prospek karier mahasiswa lulusan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi antara lain accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, analis manajemen bisnis, konsultan bisnis, analis keuangan, dan analis sistem komputer.

Lulusan Sistem Informasi dapat menjalani karier sebagai system administrator, cyber security analyst, object programmer, database administrator, IT business analyst, web atau mobile developer, hingga analyst system.

Di atas merupakan penjelasan singkat tapi sangat bermanfaat terutama bagi calon mahasiswa baru yang ingin mencari informasi terkait jurusan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement