Senin 24 Jan 2022 17:33 WIB

Cari Tahu Yuk! Perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi

Cari tahu perbedaan jurusan sistem informasi dan sistem informasi akuntansi

Jurusan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi punya kemiripan tapi ada beberapa perbedaan.
Foto: BSI
Jurusan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi punya kemiripan tapi ada beberapa perbedaan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Di era modern seperti ini, teknologi sudah semakin berkembang pesat dan berpengaruh hingga ke sektor pendidikan. Perguruan tinggi negeri hingga swasta semuanya sudah menerapkan sistem terkomputerisasi, terutama dalam proses administrasi dan pembelajaran. Hal ini membuat generasi muda ingin memperdalam teknologi informasi di perguruan tinggi.

Ada beberapa jurusan di perguruan tinggi yang menjadi favorit anak muda untuk memilih jurusan perkuliahannya. Di antaranya adalah jurusan sistem informasi akuntansi dan sistem informasi. Dua jurusan ini punya kemiripan tapi hanya beda pada akuntansinya. Namun, keduanya tetap mempunyai perbedaan. Apa sih perbedaan di antara keduanya?

Baca Juga

Berikut ulasan perbedaan Jurusan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi yang telah dirangkum:

1. Pengertian

Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Pontianak Lisnawanty menjelaskan jurusan Sistem Informasi Akuntansi merupakan jurusan yang memadukan ilmu sistem informasi dengan ilmu akuntansi. Jurusan ini akan mempelajari dasar-dasar akuntansi dan pemrograman yang dibutuhkan oleh seorang analis sistem dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi akuntansi pada organisasi.

Muhammad Sony Maulana selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak mengungkapkan jurusan Sistem Informasi berfokus di bidang software tapi lebih mempelajari implementasi bisnis perusahaan. Jurusan sistem informasi juga mempelajari bagaimana merancang sistem yang sesuai berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan dan kebutuhan proses bisnis.

2. Keunggulan

Keunggulan mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi yaitu dapat menyusun dan menyajikan laporan keuangan, mampu memahami dan menerapkan metode pengembangan perangkat lunak untuk membangun aplikasi akuntansi, serta mampu mengoperasikan sistem informasi akuntansi dalam penyelesaian masalah entitas bisnis.

Selain itu mereka mampu membuat sistem informasi akuntansi dengan bahasa pemrograman tertentu, menyajikan data audit sistem informasi akuntansi berbasis teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi, dan mampu merancang sebuah sistem informasi akuntansi berbasis objek.

Selain itu, keunggulan lulusan Program Studi Sistem Informasi Akuntansi disiapkan menjadi pribadi yang mampu berdaya saing di bidang ekonomi kreatif serta kompetensi lulusan di bidang Programmer, Data Entry Supervisor, serta Accounting Analyst.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement