Sabtu 22 Jan 2022 15:44 WIB

Universitas BSI Kampus Bogor Beri Pembekalan Uji Profisiensi Sistem Basis Data

Workshop membekali mahasiswa BSI sebelum ikut uji sertifikasi kompetensi basis data

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melalui prodi Sistem Informasi menyelenggarakan workshop pembekalan uji profisiensi sistem basis data.
Foto: BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melalui prodi Sistem Informasi menyelenggarakan workshop pembekalan uji profisiensi sistem basis data.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebagai usaha dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang basis data, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Bogor melalui prodi Sistem Informasi menyelenggarakan workshop pembekalan uji profisiensi sistem basis data. Acara ini diselenggarakan BSI bekerja sama dengan PT Preinexus.

PT Preinexus merupakan penyelenggara E-test for Indonesian Professional (knowledge proficiency) dan bekerja sama dengan IAII (Ikatan Ahli Informatika Indonesia) sebagai organisasi yang mengeluarkan sertifikat hasil uji profisiensi.

Baca Juga

Workshop pembekalan ini berlangsung pada Kamis (21/1/2022) pukul 15.00–17.00 WIB secara online via Zoom. Workshop yang dipandu oleh Corie Mei Hellyana ini, menghadirkan ketua prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Sukabumi, Rizal Amegia Saputra. Rizal menyampaikan kepada mahasiswa agar semangat dalam mengikuti kegiatan pembekalan dengan baik.

Pembekalan uji profisiensi sistem basis data mendatangkan narasumber Dede Firmansyah Saefudin. Ia merupakan dosen Universitas BSI yang memiliki keahlian dalam bidang ilmu komputer.

Dalam materinya, ia menyampaikan tentang pengenalan basis data, implementasi basis data, apa saja komponen dari basis data, serta penggunaan bahasa SQL yaitu DDL, DML. Dede juga menjelaskan studi kasus tentang perpustakaan, yakni tentang cara membuat basis data perpustakaan.

Ketua prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Bogor Sri Wasiyanti mengatakan dengan berakhirnya workshop uji sertifikasi kompetensi basis data ini, mahasiswa bisa menyelesaikan uji sertifikasi kompetensi dengan baik dan menguasai materi yang telah disampaikan. “Workshop ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa sebelum mengikuti uji sertifikasi kompetensi basis data yang diadakan oleh program studi yang bekerja sama dengan PT Preinexus,” tutur Sri, Kamis (21/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement