Sabtu 15 Jan 2022 21:14 WIB

Anugerah Diktiristek 2021 Mampu Tingkatkan Kolaborasi Pentahelix

Direktur GWPP Nurcholis Basyari Terima Anugerah Disktiristek 2021 Kemendikbudristek

Nurcholis MA Basyari (kedua dari kiri) seusai menerima plakat dan hadiah Anugerah Dikstiristk 2021 dari Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Nizam (paling kiri). Nurcholis mendapat penghargaan sebagai Insan Jurnalistik Terinspiratif Bidang Pendidikan.
Foto: istimewa
Nurcholis MA Basyari (kedua dari kiri) seusai menerima plakat dan hadiah Anugerah Dikstiristk 2021 dari Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Nizam (paling kiri). Nurcholis mendapat penghargaan sebagai Insan Jurnalistik Terinspiratif Bidang Pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Anugerah Diktiristek 2021 dinilai penting guna meningkatkan kolaborasi pentahelix yang dibutuhkan dalam memajukan pendidikan nasional. Khususnya dengan melibatkan peran media massa sebagai sarana informasi bagi masyarakat luas.

Pandangan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Nizam menyerahkan penghargaan tersebut dalam acara Anugerah Diktiristek 2021 Kamis (13/1). Media massa memainkan peran sangat penting dan strategis dalam pengarusutamaan isu-isu pendidikan bagi kemajuan bangsa dan negara. Media juga memikul tanggung jawab Konstitusional untuk turut mecerdaskan kehidupan bangsa. "Media juga ikut mengabarkan semangat optimisme, mengabarkan hal-hal positif di tengah masyarakat," katanya.

Baca Juga

Dalam kesempatan tersebut salah satu penerima penghargaan Anugerah Diktiristek 2021 Kemendikbudristek  adalah Direktur Pelaksana Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) Nurcholis MA Basyari.  Pemimpin redaksi Tugu Media Group yang membawahkan Tugujatim.id dan Tugumalang.id itu mendapatkan anugerah sebagai Insan Jurnalistik Terinspiratif Bidang Pendidikan. 

Ini kali kedua Nurcholis mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud. Sebelumnya, ia pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo."Alhamdulillah, saya sangat terharu dua penghargaan yang saya terima tersebut. Saya sebelumnya sama sekali tidak pernah menyangka karena saya menulis dan berkiprah di bidang pendidikan itu mengalir saja sebagai panggilan profesi," kata Nurcholis yang juga asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat. 

Anugerah Diktiristek 2021 terdiri dari empat kategori penghargaan, yakni Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Humas, dan Anugerah Jurnalis dan Media. Adapun total jurnalis cetak dan online yang mendapatkan penghargaan ada 12 orang, dua di antaranya alumni program Fellowship Jurnalisme Pendidikan (FJP) 2021 yang diselenggarakan  GWPP."Kami sangat meyakini pendidikan merupakan sektor kunci yang sangat strategis dalam memajukan negara dan menyejahterakan masyarakat. Pendidikan merupakan titian dan tangga menuju peningkatan kualitas hidup dan kehidupan masyarakat suatu bangsa,' ujar Nurcholis. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement