Senin 10 Jan 2022 15:16 WIB

Polrestro Jakbar Salurkan Bantuan Pangan ke Warga Krukut yang Jalani Isolasi

Sekitar 298 KK Kelurahan Krukut, Jakbar menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Polres Metro Jakarta Barat (Kapolrestro Jakbar), Kombes Ady Wibowo.
Foto: Republika/Eva Rianti
Kepala Polres Metro Jakarta Barat (Kapolrestro Jakbar), Kombes Ady Wibowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Barat memberikan bantuan berupa bahan makanan kepada warga Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakbar, yang menjalani isolasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bantuan pangan yang diberikan Polrestro Jakbar berupa beras, minyak hingga beberapa dus mi cepat saji (instan).

"Kita berikan bantuan pangan kepada warga yang menjalani karantina," kata Kepala Polrestro Jakbar, Kombes Ady Wibowo saat ditemui di zona merah Covid-19 wilayah Krukut, Jakbar, Senin (10/1). Ady mengatakan, tercatat ada 600 jiwa yang terdiri atas 298 kepala keluarga (KK) di RT 08, 11, 14, 10 di wilayah RW 02 yang sedang menjalani karantina atau isolasi.

Baca Juga

Dari data tersebut, bantuan yang disalurkan berjumlah 100 kilogram beras, 20 dus mi cepat saji, lima kotak masker, dan satu dus minyak goreng kemasan. Bantuan itu diberikan kepada warga untuk memenuhi kebutuhan selama 14 hari ke depan sejak karantina berlaku pada Kamis (6/1).

Menurut Ady, bantuan itu diberikan agar warga tidak harus bekerja ataupun beraktivitas ke luar rumah selama kebijakan isolasi. Selain memberikan bantuan, ia juga akan mengerahkan anak buahnya di Polsek Tamansari untuk menjaga pintu keluar dan masuk wilayah yang dikarantina.

Ady berharap, dengan penjagaan yang diperketat, aktivitas warga yang keluar maupun masuk di wilayah tersebut bisa diperkecil. Pada saat yang sama, Lurah Krukut Ilham Nurkarin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Polrestro Jakbar. "Hari ini Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Bapak Kapolres segera kita akan salurkan ke warga yang karantina," kata Ilham.

Dia mengatakan, bantuan pangan menjadi kebutuhan yang sangat penting dan harus dipenuhi warga pada masa isolasi. Karena itu, selain mengandalkan bantuan Polrestro Jakbar, pihaknya juga mengajukan bantuan pangan ke Dinas Sosial (Dinsos) DKI.

Bantuan pangan berupa sembilan bahan pokok (sembako) dari Dinsos DKI diberikan dalam waktu dekat agar warga bisa bertahan hidup selama karantina berlangsung. Sembari mendistribusikan bantuan, pihak kelurahan tetap gencar melakukan penelusuran (tracing) demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kelurahan Krukut.

Sebanyak 36 warga Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakbar positif tertular Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen dan PCR. Dari 36 orang itu, sebanyak 35 di antaranya sudah dirujuk ke Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk menjalani isolasi. Sedangkan satu orang lainnya dibawa ke rumah sakit karena harus melahirkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement