Sabtu 08 Jan 2022 07:22 WIB

Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Banjir dan Longsor Papua

Sejumlah wilayah Kota Jayapura, Papua mengalami bencana banjir dan longsor.

Suasana Pasar Youtefa yang terendam banjir di Abepura, Jayapura, Papua, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan data BNPB hujan lebat dan tanah longsor di sejumlah wilayah Jayapura telah mengakibatkan enam orang meninggal dunia.
Foto:

Menurut Kamal, banjir telah merendam fasilitas seperti kantor gubernur, batas kota, Pasar Youtefa, Entrop, Hamadi, Organda, dan depan Saga Mall Abepura. Sedangkan, untuk titik terdampak tanah longsor, yaitu Aspol Bhayangkara Dok 5 Atas, Kelurahan Trikora Dok 5 Atas, dan Skyland, serta Lintasan Kodam serta batas kota yang mengakibatkan jalan terputus sehingga pengendara kendaraan tidak dapat melintas.

"Korban meninggal dunia pada bencana banjir dan tanah longsor sebanyak tujuh korban jiwa dan korban luka-luka sebanyak tiga orang dibawa ke RS Bhayangkara. Untuk dua korban jiwa yang meninggal langsung diterbangkan ke Surabaya untuk dimakamkan di kampung halamannya," kata Mustofa.

Pemerintah Kota Jayapura, Papua, Jumat sore, telah menetapkan status tanggap darurat terkait dengan bencana alam yang terjadi di empat di antara lima distrik di daerah itu. Status tanggap darurat berlangsung selama sepekan.

photo
Warga berjalan menembus banjir di Pasar Youtefa Abepura, Jayapura, Papua, Jumat (7/1/2022). - (Antara/Fredy Fakdawer)

"Penetapan status tanggap darurat itu diputuskan setelah forkopimda menggelar rapat di kantor wali kota di Jayapura," kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano di Jayapura, Jumat (7/1/2022).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement