Kamis 23 Dec 2021 10:17 WIB

Jelang Nataru, Kapolri Antisipasi Kemacetan dan Antrean

Polri siap melaksanakan Operasi Lilin 2021 untuk mengantisipasi pergerakan massa

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, pihak Polri siap melaksanakan Operasi Lilin 2021 untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat dan pergerakan orang di masa nataru di Pelabuhan Merak. (ilustrasi)
Foto: Humas Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, pihak Polri siap melaksanakan Operasi Lilin 2021 untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat dan pergerakan orang di masa nataru di Pelabuhan Merak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengecek kesiapan Operasi Lilin 2021 dalam menghadapi Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon pada Rabu (22/12). Listyo menjelaskan, pihak Polri siap melaksanakan Operasi Lilin 2021 untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat dan pergerakan orang di masa nataru di Pelabuhan Merak.

Menurutnya, pergerakan orang di masa nataru kemungkinan akan sangat besar. Karenanya, persiapan untuk mengantisipasinya harus dilakukan dengan baik agar dapat mengendalikan penyebaran Covid-19.

Baca Juga

"Pengalaman tahun lalu pasca nataru terjadi peningkatan dua kali lipat, dan ini tentunya harus kita jaga agar aktivitas mobilitas masyarakat agar tetap terjaga," ujar Kapolri dikutip Kamis (23/12).

Lebih lanjut, Kapolri Listyo Sigit menyampaikan, penerapan protokol kesehatan juga harus dipastikan berjalan dengan baik. Dia mengatakan, pihak Polri telah menyiapkan pos pengamanan dan pos pelayanan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan manakala dan antrian penumpang.

"Di satu sisi disiapkan pos-pos untuk memberikan pelayanan untuk melaksanakan pengecekan dengan masalah protokol kesehatan seperti vaksin harus dua kali dan sudah swab antigen," ujarnya.

"Kita juga sudah siapkan pos-pos pelayanan dan vaksin gerai untuk pelayanan tersebut dan juga tempat isolasi sementara apabila di dapatkan masyarakat yang kedapatan positif setelah dilakukan pemeriksaan," imbuhnya.

Kapolri menjamin seluruh posko pelayanan di seluruh Jawa termasuk Merak-Bakauheni siap mengantisipasi peningkatan mobilitas penumpang. Selain itu, dia juga mengingatkan agar masyarakat dapat meningkatkan ketaatan terhadap protkol kesehatan mengingat merebaknya varian Omicron.

"Dengan demikian, harapannya pascanataru kita tetap bisa menjaga dan mengendalikan laju Covid-19. Sehingga tentunya ini juga sangat penting, karena kita semua tahu bahwa dengan pengendalian yang ada ini bisa meningkatkan ekonomi dan kita harus waspada karena adanya varian baru," kata Kapolri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement