Senin 20 Dec 2021 05:47 WIB

Survei: Anies Baswedan Kepala Daerah dengan Elektabilitas Tertinggi

Survei KedaiKOPI tunjukan Anies Baswedan kepala daerah dengan elektabilitas tinggi

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Survei KedaiKOPI tunjukan Anies Baswedan kepala daerah dengan elektabilitas tinggi (foto: ilustrasi)
Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Survei KedaiKOPI tunjukan Anies Baswedan kepala daerah dengan elektabilitas tinggi (foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil survei terkait calon pemimpin untuk 2024. Dari klaster kepala daerah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi.

"Ini Anies Baswedan nomor satu dengan 37,4 persen," ujar Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi di Tebet, Jakarta, Ahad (19/12).

Baca Juga

Di bawahnya ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (34,5 persen) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (13,8 persen). Terakhir ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas sebesar 7,3 persen.

"Ada yang menyebutkan bukan kepala daerah 4,7 persen, bilang tidak tahu 2,3 persen," ujar Kunto.

Namun jika digabungkan dengan sosok capres potensial lainnya, nama Anies berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 12,5 persen. Di atasnya ada nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (23,9 persen) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (16,4 persen).

Selain itu, masih ada nama Joko Widodo dengan eletabilitas sebesar 8,6 persen. Selanjutnya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (3,6 persen), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (3,3 persen), dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (2 persen).

"Agus Harimurti Yudhoyono 1,5 persen dan Khofifah 1,5 persen," ujar Kunto.

KedaiKOPI melakukan survei terhadap 1.200 responden dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun. Metode yang digunakan adalah face to face interview dengan margin error survei ini sekitar 2,83 persen.

Survei digelar pada periode 16-24 November 2021, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement