Ahad 19 Dec 2021 10:35 WIB

Bank DKI Dirikan Gerai Samsat di PGC

Pembayaran pajak melalui e-channel Bank DKI mencapai Rp 3,6 T per November 2021

Bank DKI mendirikan Gerai Samsat PGC untuk memperluas akses pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Foto: Dok Bank DKI
Bank DKI mendirikan Gerai Samsat PGC untuk memperluas akses pembayaran pajak kendaraan bermotor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank DKI mendirikan gerai samsat di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur. Gerai tersebut didirikan untuk memperluas akses penerimaan pajak dan memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini dalam keterangan tertulisnya pada akhir pekan ini mengatakan, kolaborasi tersebut bertujuan memberikan kemudahan dan percepatan kepada wajib pajak dalam pelaksanaan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Selain itu, untuk mempermudah pengesahan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK), pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

 

Gerai Samsat PGC tersebut diresmikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Lusiana Herawati, dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

 

Herry mengatakan, Gerai Samsat PGC Cililitan ini merupakan pelayanan terpadu untuk melayani para wajib pajak kendaraan bermotor. "Gerai ini dibuka tidak hanya untuk warga Jakarta Timur, tapi untuk seluruh warga DKI Jakarta, karena data kendaraan di wilayah Jakarta sudah online," katanya.

 

Pelayanan pembayaran pajak yang dilayani di gerai ini hanya untuk pembayaran pajak tahunan kendaraan, sedangkan untuk pajak lima tahunan atau perpanjangan STNK tetap harus di Samsat setempat, karena harus dilakukan mekanisme cek fisik kendaraan.

 

“Kami berharap dengan bertambahnya gerai Samsat ini dapat semakin memudahkan warga DKI Jakarta dalam membayar pajak serta meningkatkan peran Bank DKI dan mitra kolaborasi dalam penerimaan pajak daerah yang nantinya akan bermanfaat pada pembangunan di DKI Jakarta," katanya.

 

Herry juga menyatakan, untuk mendorong penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bank DKI memanfaatkan layanan penerimaan pembayaran pajak melalui e-Channel Bank DKI, seperti aplikasi JakOne Mobile, Si Ondel, Signal, Cash Management System, hingga EDC Bank DKI.

 

Bank DKI, kata dia, juga menghadirkan kemudahan transaksi nontunai kepada wajib pajak. Per November 2021, transaksi pembayaran pajak melalui e-Channel Bank DKI telah lebih dari 430 ribu transaksi dengan nominal mencapai lebih dari Rp 3,6 Triliun.

 

Saat ini, Bank DKI memiliki 16 Pelayanan Terpadu Gerai Samsat yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, yakni di Gerai Samsat Pluit Village, Gerai Samsat Pasar Pagi Mangga Dua, Gerai Samsat Artha Gading Mall, Gerai Samsat Grand Cakung Mall, Gerai Samsat Bekasi.

 

Selanjutnya di Gerai Samsat AEON Mall Jakarta Garden City, Gerai Samsat Tamini Square, Gerai Samsat Depok, Gerai Samsat Blok M Square, Gerai Samsat Gandaria City, Gerai Samsat Cinere, Gerai Samsat Serpong BSD, Gerai Samsat Lippo Mall Puri, Gerai Samsat Mall Taman Palem, Gerai Samsat Cikokol, dan Gerai Samsat PGC Cililitan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement