Rabu 08 Dec 2021 14:08 WIB

Dharmasraya Masak Satu Ton Rendang untuk Korban Semeru

Rendang buatan masyarakat Dharmasraya akan dikirimkan pada Kamis untuk korban Semeru.

Rendang, masakan khas Sumatra Barat. Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat akan mengirimkan satu ton rendang untuk korban bencana letusan Gunung Semeru.
Foto:

Menurut Iwan, semua adalah niat ikhlas sebagai bentuk solidaritas sesama warga Indonesia. Pemerintah setempat juga mengajak semua pihak di Kabupaten Dharmasraya bersama-sama membantu meringankan beban warga yang terdampak guguran awan panas Gunung Semeru.

photo
Banjir lahar dingin akibat erupsi Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12). Sebanyak kurang lebih 40 rumah terendam banjir lahar dingin erupsi Gunung Semeru dari luapan sungai Hilir Curah Kobokan. - (Republika/Thoudy Badai)

"Tentu dengan pemerintah telah bergerak hari ini diharapkan masyarakat juga ikut serta, baik itu secara individu, kelompok masyarakat, organisasi masyarakat, dan kepemudaan," kata dia.

Pada Sabtu (4/12) sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut. Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Senin (6/12), pukul 20.15 WIB, guguran awan panas Gunung Semeru mengakibatkan kerusakan di sektor permukiman, pendidikan, maupun sarana dan prasarana. Posko masih terus melakukan pemutakhiran terhadap dampak kerugian material. Data sementara rumah terdampak 2.970 unit, fasilitas pendidikan 38 unit, dan jembatan (Jembatan Gladak Perak) putus 1 unit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement