Ahad 05 Dec 2021 07:55 WIB

Kala Kawah Jonggring Saloko 'Marah' dan Bergemuruh

Semeru dengan seluruh pesona yang selalu memukau tetap harus diwaspadai.

Penari mementaskan 'Tari Mahameru' saat pertunjukan eksotika Bromo di lautan pasir kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo, Jawa Timur.
Foto:

Penanganan bencana 

Pemerintah melalui BNPB, memberikan respons cepat bencana guguran awan panas yang berdampak pada Kabupaten Lumajang tersebut. BNPB telah melakukan evakuasi penduduk agar aman dan mengirimkan sejumlah bantuan kemanusiaan.

Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto dalam jumpa pers virtual di Jakarta menyatakan, bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang bersama tim gabungan telah menuju ke lokasi kejadian di sektor Candipuro dan Pronojiwo untuk melakukan sejumlah langkah. Selain itu, BPBD Lumajang dengan koordinasi bersama BNPB juga mengupayakan pendirian sejumlah titik pengungsian yang dipergunakan untuk menampung warga terdampak letusan Gunung Semeru itu.

"Lokasi pengungsian saat ini ada dan sudah terisi. Ada di tiga desa, di dua kecamatan, yakni di Desa Supiturang dan Desa Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro," kata Suharyanto.

Selain BNPB, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa juga telah mengerahkan prajurit teritorial yang ada di sekitar Gunung Semeru untuk membantu penanganan bencana. Panglima memastikan, prajurit TNI di tingkat teritorial setingkat komando distrik militer (kodim), komando resor militer (korem) hingga komando daerah militer (kodam), akan membantu penanganan bencana bersama BNPB dan unsur terkait.

"Kami juga akan melakukan dukungan dari pusat, supaya lebih bisa tertangani untuk penanganan bencana di daerah," katanya.

 

Semeru, dengan seluruh pesona yang selalu memukau tetap harus diwaspadai. Bencana letusan gunung berapi tidak pernah bisa diprediksi kapan terjadi. Semeru yang megah akan tetap hidup berdampingan dengan masyarakat dengan segala keindahan dan ancaman bencana yang ada.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement