Selasa 23 Nov 2021 20:47 WIB

Apa yang Salah dengan Banjir Bandang Kota Batu?

Belasan warga dilaporkan hilang, dan beberapa di antaranya ditemukan meninggal dunia.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Banjir bandang menerjang Kota Batu dan Malang, Jawa Timur, setelah hujan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu Sungai Brantas, Kamis (4/11), pukul 14.00 WIB. Sebanyak 15 warga dilaporkan hanyut. 
Foto:

Penanganan darurat Pemkot Batu juga telah melakukan penanganan, mulai darurat kemudian jangka pendek hingga jangka panjang. Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan, penanganan darurat yang dilakukan usai banjir bandang yakni melakukan evakuasi korban, membersihkan lumpur di beberapa titik, pembersihan jembatan tersumbat, pengarahan alur sungai dan proteksi tebing dengan bronjong.

Untuk penanganan jangka pendek dilakukan revitalisasi kawasan bencana dengan membangun chekdam oprit series dan satu unit overflow di Desa Bulukerto. Kemudian, melokalisasi lokasi banjir bandang menjadi kantong sedimen dengan melakukan pelurusan aliran dan proteksi tebing kanan kiri. "Serta menyosialisasikan ke warga terkait ruang sungai yang rawan bencana jika menjadi pemukiman," tuturnya.

Wawali Punjul juga menjelaskan tentang penanganan jangka panjang, yaitu perlunya pembuatan arboretum di Kawasan Gunung Pucung yang berfungsi untuk pelestarian sumber air. Juga ada reboisasi di kawasan hulu serta pengendalian tata ruang wilayah di sepanjang DAS Brantas Hulu (Sinkronisasi program antara Pemerintah Kota Batu-Kehutananan dan BBWS Brantas).

Mengantisipasi bencana hidrometeorologi, kata Punjul, pihaknya melakukan kesiapsiagaan, antara lain saat menghadapi hujan yang durasinya lebih dari satu jam ditambah objek jarak pandang tak terlihat di jarak 30 meter disertai hujan intensitas tinggi maka harus dilakukan langkah-langkah."Masyarakat di daerah lereng tebing dan bantaran sepanjang aliran sungai harus segera dievakuasi. Tidak boleh terlambat dan harus ikuti anjuran petugas," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement