Jumat 12 Nov 2021 20:04 WIB

Pela Mampang Banjir Setinggi Satu Meter

Sejumlah daerah di Ibu Kota banjir setelah diguyur hujan lebat.

Rumah terendam banjir di Pela Mampang, Jakarta, Ahad (7/11/2021). Kawasan ini kembali dilanda banjir pada Jumat (12/11) sore.
Foto:

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada suku dinas terkait meminimalisir dampak genangan dan banjir di DKI Jakarta. Menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI juga telah menyiapkan seluruh personel dan peralatan pendukung.

"Kami menyiagakan seluruh personel dan peralatan serta berkoordinasi dengan seluruh pihak saat hujan turun untuk mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada agar genangan atau banjir cepat surut, terutama di wilayah atau titik rawan banjir. Kami memprioritaskan keselamatan warga," ujar Sabdo dalam keterangannya, Jumat (12/11).

Menurut Sabdo, Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah mengerahkan petugas dan menyediakan peralatan yang diperlukan sebagai upaya penanggulangan, pengamatan terhadap keadaan bangunan/fisik, pintu air, serta pengamatan ketinggian permukaan air sungai di hulu dan permukaan di pintu air serta waduk. Dinas tersebut juga akan menetapkan kondisi status siaga bencana.

"Dinas SDA akan memerintahkan kepada petugas pintu air untuk melakukan tindakan membuka atau menutup pintu air berdasarkan debit air serta memastikan kondisi pintu air dalam keadaan baik, menggerakkan serta membagikan peralatan dan bahan pengendali bencana banjir, juga memonitoring prakiraan cuaca berdasarkan informasi dari BMKG," ujar Sabdo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement