Senin 08 Nov 2021 21:23 WIB

Tak ada Lagi Provinsi yang Berstatus PPKM Level 4

Pemerintah mewaspadai tren kenaikan kasus di 34 kabupaten/kota di Jawa-Bali

Rep: Iit Septyaningsih/Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah bocah Kei menemukan ikan saat bermain di tengah pantai yang surut jauh atau Meti di Desa Wisata Ohoidertawun, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku, Jumat (29/10). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali akan diperpanjang selama dua pekan.
Foto:

Lalu di Sulawesi, recovery rate 97,1 persen dan fatality rate 2,63 persen dengan penurunan kasus 98,16 persen. Sedangkan di Maluku-Papua, recovery rate 96,07 persen dan fatality rate 1,75 persen dengan penurunan kasus 90,26 persen.

Dari sisi vaksinasi, kata dia, baru enam provinsi di luar Jawa dan Bali yang persentasenya di atas nasional. Meliputi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara.

Namun demikian, Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ada tren kenaikan kasus COVID-19, khususnya di 43 kabupaten/kota di wilayah Jawa-Bali. Peningkatan ini termasuk wilayah Ibu Kota DKI Jakarta.

"Terdapat tren kenaikan kasus di Jawa-Bali, utamanya terjadi pada 43 kabupaten/kota dari 128 kabupaten/kota atau 33,6 persen dalam tujuh hari terakhir. Di Jakarta, barat, timur, selatan, itu hampir semua trennya naik. Jadi saya mohon kita semua hati-hati melihat ini," katanya dalam konferensi pers daring yang dipantau di Jakarta, Senin.

Luhut mengatakan pihaknya akan segera mengumpulkan 43 kabupaten/kota di Jawa-Bali tersebut guna melakukan identifikasi intervensi demi menahan tren kenaikan. Kendati demikian, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu mengungkapkan penerapan PPKM yang terus dilakukan dan dievaluasi oleh pemerintah tiap minggunya telah memberikan dampak yang tetap terkendali dan terus membaik.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement