Senin 08 Nov 2021 15:31 WIB

Brigjen Taufan: Warga Mulai Tinggalkan Pengungsian di Sugapa

Warga yang rumahnya di Distrik Sugapa, Papua tetap di pengungsian saat malam hari.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Komandan Korem (Danrem) 173/Praja Vira Braja (PVB), Brigjen Taufan Gestoro (kanan).
Foto: Dok Penrem PVB
Komandan Korem (Danrem) 173/Praja Vira Braja (PVB), Brigjen Taufan Gestoro (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Komandan Korem (Danrem) 173/Praja Vira Braja (PVB), Brigjen Taufan Gestoro menjelaskan, saat ini, warga dari sejumlah kampung yang mengungsi ke gereja-gereja di sekitar Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Mereka sempat mengungsi lantaran keadaan di Intan Jaya tidak aman.

"Memang benar sejak Jumat (5/11) masyarakat mulai meninggalkan tempat pengungsian dan kembali ke rumah masing-masing, sedangkan yang rumahnya di sekitar Distrik Sugapa tetap berada di pengungsian saat malam hari," katanya saat dihubungi di Kota Jayapura, Papua, Senin (8/11).

Menurut Taufan, apabila pada pagi hari warga kembali ke rumah masing-masing, namun pada malam hari, terutama yang tinggal di kota tetap kembali ke pengungsian. Dia mengaku, sudah sepekan tinggal di Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya menuturkan, situasi keamanan secara bertahap sudah mulai kondusif.

Aktivitas masyarakat, menurut Taufan, berangsur normal. Meski begitu, personel TNI-Polri tetap bersiaga. "Mudah-mudahan situasi bisa berangsur pulih sehingga aktivitas masyarakat kembali pulih," ujar Taufan.

Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Intan Jaya terus membantu logistik warga, terutama yang berada di pengungsian. "Masyarakat yang mengungsi berangsur berkurang karena sebagian sudah kembali ke rumah mereka yang berada di kampung-kampung," kata Tabuni yang dihubungi terpisah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement