Jumat 15 Oct 2021 17:27 WIB

Tingkatkan Penelitian Dosen dengan Workshop Integrasi Tools

Dengan adanya workshop, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dosen

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta telah mengadakan kegiatan Pekan Ilmiah Dosen, yang mengusung tema ‘Integrasi Tools Systematic Literature Review (SLR) Publish or Perish, Mendeley & Vos Review’.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta telah mengadakan kegiatan Pekan Ilmiah Dosen, yang mengusung tema ‘Integrasi Tools Systematic Literature Review (SLR) Publish or Perish, Mendeley & Vos Review’.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tingkatkan luaran penelitian dosen lebih berkualitas dalam publikasi internasional yang bereputasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Yogyakarta telah mengadakan kegiatan Pekan Ilmiah Dosen, yang mengusung tema ‘Integrasi Tools Systematic Literature Review (SLR) Publish or Perish, Mendeley & Vos Review’. Kegiatan ini digelar secara daring, pada Kamis (7/10) silam.

Anik Andriani selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Yogyakarta menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dosen terakit penggunaan Mendeley, Publish or Perish (PoP) serta penggunaan Vos Viewer.

Baca Juga

“Dengan adanya workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dosen. Seorang dosen yang berkualitas harus memiliki luaran penelitian, salah satu cara membuat luaran penelitian tersebut harus memahami Integrasi tools yang digunakan seperti Mendeley, Publish or Perish (PoP) dan Vos Viewer,” ujar Anik dalam rilis yang diterima, Rabu (13/10).

Sementara itu, Dinar Ajeng Kristiyanti selaku pemateri menjelaskan, Mendeley membantu para dosen untuk membuat jurnal ilmiah, laporan penelitian, disertasi dan lain-lain yang memudahkan untuk mengelola sumber referensi.

“Mendeley juga memberikan kemudahan dan kerapian sitasi pada penelitian yang dibuat. Sehingga dapat terhindar dari plagiarisme. Selain itu, kolaborasi Mendeley dengan Publish or Perish (PoP) membuat kita lebih mudah dalam menemukan informasi melalui judul, kata kunci, abstrak, penulis dan lainnya. Pemanfaatan PoP ini dalam melakukan penelusuran referensi akan lebih menghemat waktu ketimbang mencari secara manual,” jelas Dinar.

Ia juga menambahkan, kegunaan Vos Viewer juga membantu para dosen untuk memvisualkan dataset yang berisi field bibliografi seperti judul, pengarang, penulis, jurnal, dan lainnya. Di dunia penelitian, Vos Viewer sangat berjasa untuk menganalisis bibliometric, mencari topik yang ada novelty, dan tentunya referensi sesuai bidang penelitian yang dilakukan.

“Vos Viewer dapat membaca data bibliografi seperti dataset dari web of science, scopus, pubmed, dan dimension. Selain itu, Vos Viewer juga bisa membaca dataset RIS, Endnote, RefWork, bahkan Vos Viewer juga bisa mengambil atau membaca data dari fitur API seperti crossreff, Pubmed, PPMC, semantic scholar, wiki data dan sumber data lainnya,” tutup Dinar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement