Jumat 15 Oct 2021 11:48 WIB

PMMB UBSI Jembatani Mahasiswa untuk Tingkatkan Daya Saing

PMMB membuat mahasiswa memiliki gambaran tentang dunia kerja

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu berupaya menjembatani mahasiswanya, dalam menjalankan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu berupaya menjembatani mahasiswanya, dalam menjalankan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk dukungan dalam kemajuan pendidikan, pengembangan kompetensi dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) selalu berupaya menjembatani mahasiswanya, dalam menjalankan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Salah satunya di PT Permodalan Nasional Mandiri (PNM).

Kegiatan closing ceremony PMMB batch 1 tahun 2021 ini, dilakukan PNM bersama beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), pada Rabu (6/10) lalu melalui Zoom.

Baca Juga

Kegiatan ini turut dihadiri oleh mahasiswa Universitas BSI yang telah terpilih magang di PNM selama enam bulan, yaitu Difky Zadrak Melelak dari prodi Sistem Informasi, Dina Pramesti dan Putri Nabila dari prodi Administrasi Bisnis.

Wakil Kepala Divisi SDM PNM, Nanda Hazra, yang hadir dalam closing ceremony ini menyampaikan pentingnya core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyalitas, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai culture perusahaan.

“Hal tersebut tidak hanya untuk karyawan, namun diimplementasikan oleh seluruh mahasiswa magang PMMB batch 1 tahun 2021 di PNM selama ini,” tutur Nanda, Rabu (6/10).

Selama magang di PNM, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk dapat terjun langsung mengikuti kegiatan-kegiatan pendampingan ultra mikro. “Pendampingan itu bertujuan agar mahasiswa memiliki gambaran tentang dunia kerja. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, aktivitas untuk mengeksplorasi ke lapangan menjadi terkendala dan belum maksimal,” pungkasnya.

Ia mengungkapkan, PNM terus berusaha meningkatkan perekonomian Indonesia dengan cara mendorong ultra mikro yang sudah memiliki lebih dari 10 juta nasabah dengan memberikan pembiayaan, penyaluran serta pendampingan kepada masyarakat pelaku usaha non-bankable (tidak memiliki akses dengan perbankan).

“PMMB sudah berjalan 3 tahun, alhamdulillah setiap batch ada 2 atau 3 mahasiswa yang direkrut sebagai karyawan. Khususnya di batch 1 tahun 2021 ada 2 mahasiswa yang direkrut untuk ditempatkan di divisi SDM, semoga kedepan bisa lebih banyak lagi yang direkrut,” ujarnya.

Nanda berharap, apa yang dipelajari oleh mahasiswa, magang selama 6 bulan di PNM dapat menjadi bekal saat mereka bekerja nanti, baik di BUMN, instansi swasta, maupun berwirausaha nantinya.

Difky Zadrak, salah satu mahasiswa magang PNM dari Universitas BSI mengungkapkan pengalaman selama magang di divisi teknologi informasi. “Saya merasa senang mendapatkan kesempatan magang di PNM, dengan amanah ini saya bertanggung jawab pada sistem pendaftaran dan payment gateway,” kata Difky, Rabu (6/10) lalu.

Difky berharap program magang seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk memiliki gambaran dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement