Selasa 14 Sep 2021 22:06 WIB

Vaksin Wisata DIY Jadi Ajang Promosi Destinasi Wisata

Vaksin wisata telah dilakukan di 34 destinasi wisata DIY.

Gerakan vaksin wisata atau vaksinasi Covid-19 yang digencarkan Dinas Pariwisata DIY di setiap kawasan wisata daerah sebagai promosi destinasi setempat (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Gerakan vaksin wisata atau vaksinasi Covid-19 yang digencarkan Dinas Pariwisata DIY di setiap kawasan wisata daerah sebagai promosi destinasi setempat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan gerakan vaksin wisata atau vaksinasi Covid-19 yang digencarkan Dinas Pariwisata DIY di setiap kawasan wisata daerah sebagai promosi destinasi setempat. Pemkab Bantul sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan vaksin wisata tersebut.

"Harapan kami di samping vaksinasi ini menuju persiapan kekebalan imun atau kesehatan, juga ada promosi wisatanya," kata Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, usai meninjau gerakan Vaksin Wisata di Puri Water Park Bantul, Selasa (14/9).

Dia mengatakan, kegiatan vaksin wisata Dinas Pariwisata itu menyasar para pelaku dan pengelola tempat wisata, dan juga terhadap keluarga pelaku pariwisata ekonomi kreatif (parekraf) dan masyarakat sekitar lokasi wisata itu. "Sehingga ketika nanti wisata sudah dibuka sesuai dengan aturan wisata, harapan kami atau destinasi kami akan betul-betul ikut terdongkrak dengan hari ini ada promosi melalui vaksin wisata," jelasnya.

Joko mengatakan, kegiatan vaksin wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata DIY hingga saat ini sudah ke-34 kali atau 34 lokasi destinasi se-DIY, termasuk Bantul. Menurut dia, ini merupakan terobosan luar biasa dalam upaya mempersiapkan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk penyesuaian dengan Covid-19 seluruh destinasi wisata dilakukan gerakan vaksin, dan kami di Bantul merasakan lebih dari 4.500 pengelola wisata, pelaku ekonomi kreatif, dan keluarganya ini divaksin dengan menggunakan Dana Keistimewaan," kata Joko.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, mengatakan, dengan telah berjalannya vaksinasi Covid-19 pelaku wisata hingga ke-34 destinasi wisata di DIY dengan sasaran 1.200 orang ini, maka cakupan vaksinasi sektor pariwisata DIY telah mencapai 92 persen. "Kalau saya hitung prosentase lebih dari 92 persen, dan kalau saya hitung jumlahnya pasti banyak, dan kita semua tentu ingin mencapai herd immunity antara 75 sampai 80 persen, dan hari ini total masyarakat DIY untuk vaksin yang pertama hampir 70 persen," ujarnya.

Dia mengatakan, cakupan vaksinasi tersebut adalah prestasi bersama yang kemudian pihaknya akan selalu mendorong berbagai instansi dan stakeholder terkait untuk melakukan percepatan vaksinasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement