Rabu 25 Aug 2021 11:14 WIB

Elly Kasim Naikkan Muruah Lagu Minang ke Level Internasional

Lagu Minang dapat diterima di kancah nasional sampai internasional.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Mas Alamil Huda
Elly Kasim membawa pementasan Malin Kundang ke Maroko dan memikat penduduk setempat.
Foto: Antara
Elly Kasim membawa pementasan Malin Kundang ke Maroko dan memikat penduduk setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Budayawan Minang, Hasril Chaniago, mengatakan, Elly Kasim merupakan salah satu penyanyi legendaris Minang yang sangat berjasa mengangkat lagu-lagu dari daerah Sumatra Barat. Hasril menyebut Elly Kasim merupakan penyanyi yang sangat produktif. Berkat produktivitasnya itu, lagu Minang yang notabene lagu daerah dapat diterima di kancah nasional sampai internasional.

"Uni Elly Kasim ini penyanyi yang membuat musik Minang naik muruah menjadi dikenal di seluruh Indonesia dan Malaysia. Itu jasa beliau," kata Hasril, kepada Republika.co.id, Rabu (25/8).

Hasril menyebut saking produktifnya Elly Kasim di era 60-an sampai 70-an, ia mampu melahirkan album setiap bulan. Sampai sekarang, Elly Kasim diketahui telah melahirkan lebih kurang 100 album solo. Menurut Hasril, ini harus dicatat ke dalam rekor muri.

Hasril yang juga wartawan senior dari Sumatra Barat menyebut pada masa kejayaan Elly Kasim dari era 60-an, ada banyak pencipta lagu yang juga legendaris. Seperti Syahrul Tarun Yusuf, Nuskan Sjarif, Oslan Husein, dan lain-lain. Menurut Hasril, ketenaran dan eksistensi Elly Kasim yang mampu menembus zaman karena kolaborasi baik antara penyanyi hebat  pencipta lagu yang juga hebat.

"Di zaman itu (Era 60-70 an) ada banyak pencipta lagu yang hebat-hebat sehingga kehadiran Elly Kasim ini membuat lagu-lagu Minang ini eksis dan naik kelas," ujar Hasril.

Hasril menilai, wafatnya Elly Kasim merupakan kehilangan besar bagi Sumatra Barat. Meski begitu, lanjut dia, karya-karya Elly Kasim akan tetap abadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement