Rabu 25 Aug 2021 08:49 WIB

Menikmati Indahnya Waduk Cincin Tanjung Priok dari JIS

Warga Jakarta patut bangga dengan hadirnya stadion bertaraf dunia ini.

Anak-anak saat bermain di Waduk Cincin, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (13/1).
Foto:

Jika dilihat seksama, fasad pada dinding stadion memiliki banyak lubang yang berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya udara. Dengan adanya lubang tersebut, dalam JIS bisa lebih adem meski tak menggunakan pendingin udara.

Selain itu juga diterapkan teknologi panel surya dan "zero run off", dilengkapi dengan konsep "water conservation" atau penghematan penggunaan air dan penyediaan sensor monitoring karbondioksida pada ruangan-ruangan yang memiliki kepadatan tinggi. Untuk lahan parkir, nantinya JIS menyediakannyas ecara terbatas. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan, konsep JIS sebagai lokasi yang terdapat transportasi massal terintegrasi agar dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayah Jakarta Utara (Jakut). Kapasitas tempat parkir yang tersedia hanya bisa menampung 1.200 kendaraan dan 76 bus. 

Tapi, untuk mengantisipasi kegiatan besar seperti Piala Dunia dan lain-lain, JIS juga menyiapkan kantong-kantong parkir di lokasi sekitar stadion, seperti di Taman Impian Jaya Ancol dan Pekan Raya Jakarta(PRJ) Kemayoran.

Jakpro tahu (kapasitas JIS) 82.000 penonton itu sangat besar. Karena itu harus dipikirkan dengan benar manajemen kepadatan lalu lintasnya. Warga Jakarta patut bangga dengan hadirnya stadion bertaraf dunia ini.

Baca juga : Pertemuan PDIP-Gerindra Dekatkan Skenario Prabowo-Puan 

Apalagi penggunaan fasilitas di sini akan diprioritaskan untuk kemajuan dan pembinaan prestasi olah raga warga Jakarta. Di stadion ini pula, tim kesayangan warga Ibu Kota, Persija, akan bermarkas. Kehadiran Jakmania pun bakal menambah semarak stadionini.

Adanya pemandangan Waduk Cincin sore itu menutup tur. Sejumlah jurnalis pun mengaku tak sabar menunggu pertandingan sepak bola bisa digelar di sini. Apalagi, atap stadion JIS yang bisa membuka dan menutup secara otomatis kabarnya akan dilengkapi fasilitas "jogging" juga. Pasti lebih indah menyaksikan pemandangan dari atas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement