Rabu 25 Aug 2021 08:49 WIB

Menikmati Indahnya Waduk Cincin Tanjung Priok dari JIS

Warga Jakarta patut bangga dengan hadirnya stadion bertaraf dunia ini.

Anak-anak saat bermain di Waduk Cincin, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (13/1).
Foto:

Selanjutnya, rombongan dibawa menuju lantai 6 JIS menggunakan lift proyek. Menurut informasi, lift proyek tersebut mampu mengangkut hingga belasan orang atau sekitar 1,5 ton.

Beranjak ke lantai 6, rupanya di sana areanya cukup lega. Saat ini, pekerja secara paralel mengerjakan arsitektur pada ruang tersebut bersamaan dengan pemasangan precast tribun penonton. 

Di bawah tribun itu ada ruang-ruang. Itu yang paralel dikerjakan untuk pekerjaan arsitektur, "mechanical", "electrical"dan "plumbing". Jadi semua (pengerjaan JIS) dilakukan secara simultan dan paralel.

Selanjutnya menuju area pemasangan precast tribun penonton. Di sini mesti berhati-hati karena sudut kemiringannya cukup curam dan belum ada pagar pengaman yang terpasang. 

Dari area tribun penonton, terlihat sejumlah alat berat proyek meratakan kontur tanah tempat tumbuhnya rumput lapangan utama (field of play). Tekstur lapangannya masih tampak lapisan kerikil coral.

Pekerja juga memasang instalasi untuk drainasenyasehingga ketika turun hujan, rumput tidak becek. Harapannya lapangan utama untuk Desember sudah bisa digunakan untuk bermain.

Baca juga : Arab Saudi Setujui Vaksin Sinovac dan Sinopharm

JIS menerapkan komposisi dan jenis rumput yang sama untuk lapangan latih dan lapangan utama. Bedanya, pembibitan (nursery) rumput lapangan utama dilakukan di luar JIS.

Teknisnya, dibawa ke JIS ini dalam bentuk gulungan (roll) kombinasi rumput alami dan sintesis. Karena pembibitan sudah di luar, dicopot, digulung, lalu dibawa kemari dan tinggal digelar.

Sementara rumput lapangan latih, proses pembibitan mulai dari tandur benih sampai pembiakan semua dilakukan di area JIS. Sebagai stadion "green building" dengan predikat Platinum pertama di Indonesia, JIS juga menerapkan teknologi yang hemat energi pada fasad yang terpasang mengitari dinding stadion.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement