Selasa 10 Aug 2021 09:59 WIB

Prodi Penyiaran UBSI Gelar Sosial Magang di Televisi

Kegiatan sosialisasi terdiri dari beberapa rangkaian acara seputar peraturan magang

Dalam mempersiapkan mahasiswa/i menghadapi program magang di masa pandemi ini, program Studi Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI (Informatika Bina Sarana) mengadakan kegiatan Sosialisasi magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL), Sabtu (31/07) silam.
Foto: UBSI
Dalam mempersiapkan mahasiswa/i menghadapi program magang di masa pandemi ini, program Studi Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI (Informatika Bina Sarana) mengadakan kegiatan Sosialisasi magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL), Sabtu (31/07) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mempersiapkan mahasiswa/i menghadapi program magang di masa pandemi ini, program Studi Penyiaran, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas BSI (Informatika Bina Sarana) mengadakan kegiatan Sosialisasi magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL), Sabtu (31/7) silam.

Sosialisasi ini diisi langsung oleh Ketua Prodi Penyiaran, A. Munanjar. Acara yang  diselenggarakan secara daring melalui zoom ini, diikuti oleh mahasiswa/i dari program studi penyiaran. Menurut A. Munanjar, kegiatan sosialisasi ini terdiri dari beberapa rangkaian acara seputar peraturan magang.

"Sosialisasi magang ini, terdiri dari beberapa rangkaian penjelasan terkait dengan skema dan aturan saat ini. Diawali dengan klarifikasi mengenai kesepakatan pembicaraan, dan mata kuliah yang harus diikuti bagi mahasiswa semester V," katanya dari rilis yang diterima, Minggu (8/8). 

Pertama, klarifikasi mengenai perkembangan PKL dan latihan studio, kedua tidak mengabaikan latihan rekreasi siaran yang rencananya akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam skema magang Prodi Penyiaran Semester Ganjil 2021 ini, dibagi menjadi tiga skema, yang mana dari tiga skema tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan menambah pengetahuan bagi mahasiswa program studi penyiaran.

“Dalam skema satu, mahasiswa dapat melakukan program magang dengan jangka waktu satu sampai tiga bulan di organisasi yang terkait dengan perkembangan program studi penyiaran. Skema kedua, riset lapangan dengan komitmen mahasiswa/i untuk melakukan riset kegiatan program acara, pembuatan film, pembuatan rekaman youtube hingga radio. Sedangkan skema ketiga, mahasiswa/i dapat melakukan riset dalam jaringan,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, A. Munanjar juga menjelaskan seputar Simulasi TV yang ditujukan untuk mahasiswa semester lima. Dalam penjelasannya, ia mengingatkan kepada mahasiswa seputar Time Schedule PKL dan Simulasi TV. 

“Praktik Kerja Lapangan akan dimulai pada bulan September sampai dengan Desember 2021. Namun sebaiknya mahasiswa telah selesai melakukan PKL pada bulan November. Sementara itu, kegiatan simulasi TV dimulai bulan September sampai Januari 2021,” tutur A. Munanjar. 

Selain itu, saat ini sudah banyak mahasiswa/i Universitas BSI yang telah magang di stasiun TV serta di media lainnya.“Saat ini telah banyak mahasiswa yang magang di stasiun TV, radio, media online, Youtube channel, dan lain-lain. Tidak ada kriteria khusus, semua bisa magang disana jika bisa mengikuti ketentuan dari pihak TV atau Radio,” tutur A Munanjar.

Ia pun berharap, dari kegiatan PKL tersebut, mahasiswa dapat memperoleh wawasan dan mempraktikkan langsung ilmu yang selama ini di dapat dari kampus, untuk diterapkan ke dunia kerja.

“Besar harapan saya, dari kegiatan ini, mahasiswa memperoleh pengalaman kerja di suatu organisasi bisnis seperti perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, ataupun organisasi nirlaba seperti organisasi sosial kemasyarakatan dengan jangka waktu terbatas, terlebih di saat pandemi Covid-19,” ujar A Munanjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement