Ahad 08 Aug 2021 16:35 WIB

Kemenkes Jelaskan Alasan Laju Vaksinasi Melambat

Satgas mengatakan stok vaksin cukup tetapi ada persoalan distribusi dan cold chain.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ratna Puspita
Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membatasi mobilitas masyarakat sehingga berimbas pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19. (Foto: Tenaga kesehatan mengambil vaksin Covid-19 Sinovac saat vaksinasi massal di Lapangan Pondok Pesantren Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta, 8 Agustus 2021)
Foto:

Perpanjangan PPKM?

Saat ini, pemerintah juga masih mengkaji kemungkinan kembali memperpanjang PPKM level 3 dan 4. Pemberlakukan PPKM level 2, 3, dan 4 di Jawa dan Bali akan berakhir pada Senin (9/8) besok.

"Masih dievaluasi dan dikaji tentang kelanjutan PPKM, terutama di levelisasi nya," ujar Ginting. 

Sementara Nadia belum mau berkomentar banyak mengenai kemungkinan perpanjangan PPKM level 3 dan 4. "Kalau terkait (PPKM) diperpanjang atau tidak, kita tunggu saja pengumuman resminya," katanya.

Nadia mengatakan, penerapan PPKM telah membuahkan hasil menurunkan keterisian tempat perawatan di rumah sakit, dan angka positivity rate mingguan menjadi sekitar 26 persen.

Selain itu, ia mengatakan, kasus harian juga mulai menurun meski masih pada angka 30 ribuan. "Angka testing terus kami tingkatkan untuk segera mendeteksi kasus positif Covid-19 lebih dini," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement