Kamis 05 Aug 2021 07:27 WIB

Tinjau Pos PPKM Tingkat RT, Ketua Satgas Sampaikan 3 Pesan

Ganip ingin memastikan pengendalian Covid-19 di hulu dan di hilir berjalan optimal

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito (kiri) saat memberikan bantuan secara simbolis di RT 41 Kel Sepinggan Baru Kec Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur, Rabu (4/8).
Foto:

Satgas juga mendorong untuk dilakukan operasi yustisi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Kedua, Terus laksanakan kegiatan Vaksinasi. Berdasarkan data Satgas Covid Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur per Selasa (3/8), jumlah masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 514.282 dan untuk dosis kedua sebanyak 316.190. Ganip mengimbau untuk seluruh warga segera melakukan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

"Semuanya juga tolong untuk ikuti program vaksinasi, ajak keluarganya, datang ke lokasi-lokasi yang menyediakan kegiatan vaksinasi," kata Ganip.

Ketiga, perkuat testing, tracing, dan treatment. Dianjurkan untuk kegiatan testing dan tracing bisa mencapai perbandingan 1:15, artinya apabila ada warga yang terkonfirmasi positif, maka dapat dilakukan pengecekan terhadap 15 orang yang memiliki riwayat kontak erat. Selain itu, diimbau bagi para warga dapat melakukan isolasi mandiri secara terpusat. Hal ini bertujuan, para pasien dapat terkontrol oleh para tenaga kesehatan yang rutin melakukan pendampingan.

"Untuk warga yang terkonfirmasi positif, sebaiknya untuk melakukan isolasi di tempat yang terpusat, supaya dapat termonitor keadaannya, terutama pada kelompok rentan," kata Ganip.

"Apabila saturasinya turun, segera mendapatkan penanganan yang optimal," tambah Ganip.

Bersamaan dengan peninjauan ini, BNPB juga menyalurkan bantuan ke Kalimantan Timur dengan total 10 ribu masker, 10.750 sabun mandi dan 80 liter disinfektan yang nantinya akan didistribusikan oleh masing-masing Pos PPKM. Dalam akhir sambutannya, Ganip juga mengapresiasi upaya para warga untuk bersama-sama dan gotong royong dalam menangani pandemi ini.

"Saya mengapresiasi kerjasama dan gotong royong para warga disini, semoga bisa tetap konsisten dalam menerapkan pesan saya tadi ya," tutup Ganip.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement