Rabu 21 Jul 2021 22:45 WIB

Warga Binaan Rutan Salemba akan Divaksinasi Pekan Depan

Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac.

Warga Binaan Rutan Salemba akan Divaksinasi Pekan Depan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga Binaan Rutan Salemba akan Divaksinasi Pekan Depan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 3.206 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Kelas IA Jakarta Pusat akan mendapat vaksin Covid-19 mulai pekan depan. Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba Kelas IA Yohanis Varianto mengatakan sejauh ini 105 warga binaan sudah divaksinasi.

"Sisanya ada 3.206 warga binaan yang akan divaksinasi. Petugas sipir juga turut divaksin dengan total 56 orang," kata Yohanis saat dikonfirmasi, Rabu (21/7).

Baca Juga

Adapun vaksinasi untuk warga binaan Rutan Salemba dijadwalkan mulai 30 Juli hingga 2 Agustus 2021. Untuk membantu pelaksanaan vaksinasi, sebanyak 40 tenaga kesehatan dikerahkan.

Para nakes berasal dari RS Pengayoman Cipinang, Puskesmas Cempaka Putih, dan dari Rutan Salemba. "Vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac, baik untuk warga binaan maupun sipir," kata Yohanis.

Vaksinasi terhadap warga binaan dan sipir di Rutan Salemba diharapkan dapat menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), serta meminimalisasi gejala berat jika terpapar virus. Namun demikian, Yohanis menegaskan tidak ada warga binaan yang terpapar Covid-19. Hal itu dipengaruhi ketatnya peraturan di Rutan Salemba yang melarang kegiatan besuk, serta hanya dapat dilakukan secara virtual.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement