Sabtu 26 Jun 2021 21:02 WIB

Di Tengah Pandemi Covid, 'Jenderal Buah Lengkeng' Ini Sukses

Pengunjung yang datang tidak hanya memetik buah dari pohon, tapi sembari berwisata.

Serda Mugianto dan kebun buah lengkennya.
Foto:

Kendati demikian, bertani tanaman seperti buah lengkeng bukan lah pekerjaan mudah. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum menekuni usaha tersebut.

Pertama, setiap petani harus memilih bibit unggul, mengetahui lokasi yang akan ditanami, suhu lingkungan, kontur tanah, teknologi yang akan digunakan hingga perawatan. Setiap memberikan motivasi atau berbagi ilmu di berbagai kesempatan, Serda Mugiyanto kerap menyampaikan untuk menjadi seorang petani sukses disiplin adalah kunci utama.

Sebab, apa yang diberikan kepada tanaman maka itu jua lah yang akan diberikannya kepada pemilik atau yang merawat. Sehingga sikap disiplin, tekun, ulet dan rajin menjadi kunci penting dalam bertani.Wisata Edukasi

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh petani lengkeng binaan Serda Mugiyanto ialah pembeli bisa memetik langsung dari pohonnya, berwisata sambil belajar tentang tanaman yang bernama latin dimocarpus longan tersebut.

Kunjungan wisata ke perkebunan lengkeng salah satu binaannya di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang bisa mencapai 10 ribu jiwa dalam satu tahun sebelum pandemik Covid-19. Namun, pandemik melanda Tanah Air aktivitas atau kunjungan ke perkebunan lengkeng langsung dibatasi untuk mencegah penularan virus. 

Biasanya, pengunjung yang datang tidak hanya memetik buah dari pohon tetapi sembari berwisata. Lokasi perkebunan yang berada di Jalan Sentanu tersebut, juga tergolong sejuk dan dikelilingi pepohonan rindang yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Di tengah perkebunan juga disediakan semacam gazebo sehingga wisatawan bisa beristirahat.

Tidak hanya buah, para wisatawan yang datang juga bisa membeli bibit buah lengkeng yang sudah disiapkan oleh pengelola. Selain itu, pembeli juga akan diajarkan langsung cara budi daya tanaman lengkeng yang baik dan benar.

 

"Perkebunan buah lengkeng ini mirip dengan perkebunan apel di Batu, Jawa Timur. Penuh edukasi dan sangat menarik," kata Mulyono pengunjung asal Magelang saat mengunjungi perkebunan lengkeng itu besama istri dan dua anaknya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement