Kamis 17 Jun 2021 23:03 WIB

P2G Dorong Pemda Petakan Kesiapan Sekolah untuk PTM

Pemetaan kesiapan sekolah hadapi PTM sesuai dengan perkembangan Covid-19

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektasn di Sekolah Negeri Percontohan PAM di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021). Pemerintah Kota Makassar melakukan sterilisasil di semua sekolah dengan menyemprotkan cairan disinfektan guna mengantisipasi penularan COVID-19 jelang pembelajaran tatap muka terbatas di daerah itu.
Foto:

Namun, lanjut Satriwan, bagi daerah-daerah yang berada di zona hijau dan lokasinya berada di kepulauan sehingga sudah terisolasi, bisa dilakukan PTM. Misalnya seperti di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Selain faktor lokasi, di beberapa daerah memiliki sinyal internet yang sulit dan banyak masyarakat yang tidak menggunakan gawai. Menurut Satriwan, kondisi seperti ini sangat bisa dilakukan PTM.

"Tapi kalau yang merahnya merah membara, sekolahnya juga belum siap, vaksinasi gurunya masih lambat, bahkan positivity rate di atas 20 persen, ini jangan gegabah untuk membuka sekolah," kata dia lagi.

 

Lebih lanjut, Satriwan juga menegaskan agar vaksinasi guru diakselerasi. Saat ini, vaksinasi guru di banyak daerah masih tidak merata, misalnya di Aceh yang persentase vaksinasi gurunya berdasarkan data terakhir masih di bawah 10 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement