Jumat 21 May 2021 16:53 WIB

Ribuan Warga Tasikmalaya Gelar Aksi Bela Palestina

Ribuan warga gelar aksi bela Palestina di Masjid Agung Tasikmalaya.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bayu Hermawan
Ribuan warga di Tasikmalaya melakukan aksi solidaritas untuk Palestina di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jumat (21/5).
Foto:

 Ustaz Hilmi mengatakan, selain melakukan aksi, pihaknya juga melakukan penggalangan dana untuk membantu warga yang berjuang di Palestina. "Karena kita tak bisa ikut berjuang di sana. Kita di sini mendoakan, memberikan dukungan moril, dan mungkin ada sedikit harta untuk membantu meringankan beban mereka di sana," kata dia.

Ia mengungkapkan, sementara ini sudah terkumpul uang puluhan juta rupiah untuk membantu warga Palestina. Ia menargetkan, dalam aksi itu pihaknya dapat mengumpulkan uang minimal Rp 100 juta. 

"Mudah-mudahan tercapai. Kita akan kirimkan melalui lembaga-lembaga kompeten untuk disampaikan kepada warga Palestina," ucapnya.

Pembina Almumtaz, KH Aminudin Bustomi mengatakan, aksi dukungan kepada Palestina bukan hanya urusan umat Islam. Menurut dia, tak perlu menjadi Muslim untuk memberikan dukungan kepada Palestina. 

"Kita sebagai manusia cukup untuk mendukung Palestina. Sebab yang terjadi kepada Palestina adalah bentuk kezaliman. Apapun bentuk kezaliman, kita tak boleh diam," ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya itu.

Salah satu bentuk dukungan kepada Palestina yang bisa dilakukan di Tasikmalaya adalah melakukan aksi solidaritas. Selain itu, dukungan juga bisa dilakukan dengan melakukan sedekah untuk warga Palestina. 

Ia menyayangkan, saat ini banyak informasi yang melemahkan semangat juang warga Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Padahal dalam konstitusi Indonesia sudah jelas disebutkan, kemerdekaan hak segala bangsa.

Menurut kiai Aminudin, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah seharusnya masyarakat mendukung kemerdekaan Palestina. Apalagi, hubungan antara Indonesia dan Palestina sudah terjalin dengan lama. Bahkan, Palestina disebut memiliki jasa besar terhadap kemerdekaan Indonesia.

"Bangsa ini mesti disadarkan, hubungan Indonesia dan Palestina sudah ada sejak jauh hari. Bahkan ada saudagar Palestina ketika itu yang mewakafkan uangnya membantu kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement