Senin 10 May 2021 22:01 WIB

Dispar: Tak Ada Klaster, Bioskop di Tangsel Boleh Buka

Dispar Tangsel menyebut berdasarkan laporan dinkes tidak temukan klaster di bioskop

Rep: Eva Rianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang penonton duduk dengan menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan (ilustrasi).  Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memperbolehkan seluruh bioskop di wilayah Tangsel untuk dibuka. Ketetapan itu menyusul tidak adanya klaster Covid-19 dari uji coba pembukaan bioskop di Bintaro X Change, Tangsel beberapa waktu lalu.
Foto:

Heru melanjutkan, selain lima bioskop tersebut, ada juga dua bioskop yang masih dalam proses verifikasi lapangan. Serta ada dua lainnya yang belum mengajukan proposal permintaan pembukaan bioskop. 

Menurut penuturan Heru, proses pengajuan hingga tahap verifikasi dan perizinan dinilai tidak lama. "Izinnya cepat enggak sampai satu minggu. Yang agak memerlukan waktu itu mencoba mencocokkan jadwal tim untuk verifikasi," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah Kota Tangsel membuka kembali bioskop di tengah pandemi Covid-19 mulai Selasa (27/4). Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan meminta pengelola bioskop untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19. Jika tidak, bioskop bisa kembali ditutup. 

"Seluruh bioskop di Tangsel tetap fokus dan konsisten dengan prokes yang sudah ditetapkan karena ini kabar baik mengingat dibukanya kembali tempat hiburan membantu pemulihan ekonomi di Tangsel,” ujar Pilar di Bintaro X Change Tangerang Selatan.

Menurut pengamatan Pilar di bioskop XXI Bintaro X Change yang menjadi bioskop pertama yang dibuka, dia menyebut protokol kesehatan yang diterapkan sudah bagus. Di antaranya menerapkan antrean dengan jarak 1,5 meter, kapasitas di ruang bioskop 40 persen, dan disediakan fasilitas pemesanan online serta pembayaran tiket dilakukan secara non tunai untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19. 

 

Pilar menyebut, dalam keberjalanannya, tim Satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap bioskop-bioskop yang sudah dibuka. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement