Senin 19 Apr 2021 14:27 WIB

Top 5 News: Polemik Vaksin Nusantara, Joseph Paul Hina Islam

Joseph Paul Zhang melecehkan Islam dan mengaku sebagai nabi yang ke-26.

Youtuber Joseph Paul Zhang
Foto:

2. PGI: Kasus Joseph tak Usah Diberi Perhatian, Abaikan Saja

JAKARTA -- Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Gomar Gultom memberi tanggapan soal kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Youtuber Joseph Paul Zhang. Dia menyatakan, masalah tersebut tidak perlu ditanggapi dan sebaiknya diabaikan.

"Menurut saya, yang beginian ini tak usah diberi perhatian. Semakin ditanggapi, dia akan semakin mendapat tempat di medsos. Abaikan saja," kata dia kepada Republika.co.id, Ahad (18/4).

Youtuber Joseph Paul Zhang

Gomar juga menuturkan, umat Kristen sudah kenyang dihina dan dipermainkan di republik ini. "Santai saja. Kalau sedikit-sedikit menanggapi yang beginian secara serius dan langsung memprosesnya sebagai penodaan agama, kapan kita dewasanya?" ucapnya.

Menurut Gomar, yang paling penting sekarang ini adalah supaya setiap pemeluk agama mendapat penggembalaan dan pengajaran yang lebih baik dari para pemimpinnya. "Agar tidak mudah diombang-ambingkan oleh pengajar-pengajar yang aneh, yang dari waktu ke waktu bermunculan dengan rupa-rupa motif dan tujuan," katanya.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Umat Islam tak Usah Terpancing dengan Hinaan Paul Zhang

JAKARTA -- Filsuf dan Guru Besar Filsafat Kebudayaan Islam di Universitas Paramadina, Abdul Hadi WM, menyatakan umat Islam harus menangapi dengan dingin kasus penghinaan agama yang dilakukan oleh Joseph Paul Zhang yang telah menghina Nabi Muhammad dan melecehkan ajaran Islam.

 

 

Hal tersebut karena terbuka kemungkinan besar penghinaan yang dia lakukan punya skenario lain. Yakni, membuat Islam marah sehingga membenarkan apa yang selama ini dituduhkan bahwa Islam itu agama yang terkait kekerasan.

''Saya kira tenang saja. Biar polisi yang bertindak sebab sudah ada aturan hukumnya. Kita tidak tahu siapa dia dan latar belakang dia melakukan perbuatan nista itu. Lagi-lagi umat Islam harus terus bersabar karena memang ada pihak yang berusaha terus memancing agar ribut,'' kata Abdul Hadi kepada Republika.co.id Ahad (18/4).

Youtuber Joseph Paul Zhang

Menurut Abdul Hadi, apa yang dilakukan oleh Paul Zhang bukan fenomena yang baru. Bahkan, sejak zaman Nabi Muhammad atau awal tarikh Islam sudah ada. Dan, fenomena mengaku nabi baru pun kini ada.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement