Senin 19 Apr 2021 14:27 WIB

Top 5 News: Polemik Vaksin Nusantara, Joseph Paul Hina Islam

Joseph Paul Zhang melecehkan Islam dan mengaku sebagai nabi yang ke-26.

Youtuber Joseph Paul Zhang
Foto: google.co.id
Youtuber Joseph Paul Zhang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kerukunan umat Islam di Indonesia kembali diguncang dengan penistaan agama yang dilakukan seorang WNI, Joseph Paul Zhang. Joseph menghina umat Islam dan mengaku sebagai Nabi ke-26 dalam tayangan di channel Youtube-nya.

Polisi pun didesak menangkap Joseph yang diketahui tinggal di luar negeri. Sementara, PGI meminta orang seperti Joseph tidak perlu ditanggapi karena semakin mendapat tempat di medsos. Berita soal Joseph masuk dalam jajaran top 5 news Republika.co.id, Ahad (18/4). Selain Joseph, ada juga soal polemik Vaksin Nusantara.

1. Kemenkes Belum Dapatkan Hasil Pra-Klinis Vaksin Nusantara

JAKARTA -- Tenaga Ahli Menteri Kesehatan (Kemenkes) Andani Eka Putra mengatakan, pihaknya belum bisa menilai dan berkomentar banyak ihwal vaksin Nusantara yang diprakarsai oleh mantan menteri kesehatan Terawan Agus Putranto. Pasalnya, hingga kini Kemenkes belum menerima hasil uji praklinis vaksin tersebut.

 

 

 

"Bagaimana efektivitas, jeleknya, kita belum bisa nilai. Karena, saya belum dapat uji praklinisnya," ujar Andani dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (17/4).

Tenaga Ahli Menteri Kesehatan (Kemenkes) Andani Eka Putra

Dari hasil uji praklinis tersebut, barulah para peneliti dapat masuk ke uji klinis tahap I, II, dan seterusnya. Di samping itu, standar mutu vaksin Nusantara haruslah menjadi hal yang perlu dijaga ketat.

"Harus ada standar good manufacturing practice, processing bahannya rutin tiap hari, tiap orang diproses sendiri. Artinya, standar mutunya harus betul-betul dijaga sangat ketat," ujar Andani.

Vaksin Nusantara sendiri, kata Andani, sudah digagas oleh Terawan saat masih menjabat sebagai menteri kesehatan. Pemerintah diklaim sudah mengetahui adanya gagasan vaksin tersebut.

 

Baca berita selengkapnya di sini.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement