Senin 19 Apr 2021 14:27 WIB

Top 5 News: Polemik Vaksin Nusantara, Joseph Paul Hina Islam

Joseph Paul Zhang melecehkan Islam dan mengaku sebagai nabi yang ke-26.

Youtuber Joseph Paul Zhang
Foto:

4. AS Sebut Pemulihan Ekonomi China Sangat tidak Seimbang

WASHINGTON DC -- Amerika Serikat (AS) mengatakan, China terus memfokuskan kebijakannya pada ekspor. AS pun mengungkapkan, negara saingan ekonomi terbesarnya itu juga menerapkan berbagai langkah tegas guna meningkatkan permintaan domestik.

Dalam laporan valuta asing setengah tahunan, Departemen Keuangan AS menyatakan pemulihan ekonomi China sejak pandemi sangat tidak seimbang. "Langkah-langkah penahanan yang ketat memungkinkan China segera melanjutkan produksi, sementara konsumsi domestik tertinggal," kata laporan tersebut seperti dilansir Bloomberg, Ahad (18/4).

Bendera Cina-Amerika

Sementara, Presiden China Xi Jinping telah memperjuangkan apa yang pemerintahannya sebut sebagai model 'sirkulasi ganda'. Sirkulasi ganda, yakni ekonomi domestik berfungsi sebagai pendorong utama pertumbuhan.

Departemen Keuangan AS memiliki pandangan berbeda. Mereka menilai, fokus China pada kebijakan yang mendukung permintaan eksternal berkontribusi pada melebarnya surplus neraca berjalan negara itu tahun lalu bersama dengan efek sementara dari Covid-19, seperti permintaan luar negeri bagi produk medis.

"Permintaan swasta yang kurang bersemangat didukung oleh berlanjutnya pelemahan di pasar tenaga kerja menimbulkan kekhawatiran, pertumbuhan China tidak dapat dipertahankan tanpa dukungan resmi yang lebih besar untuk konsumsi rumah tangga," ujar Departemen Keuangan AS.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Kisah Muslimah Prancis, Pindah Negara atau Lucuti Identitas

PARIS -- Saat menempuh tahun pertama sekolah kedokteran di Marseille, Nadia ingat betul bagaimana perlakuan lingkungannya terhadap wanita Muslim yang mengenakan hijab. Raut wajah dokter yang dinilainya selalu berseri pada pasien, ia klaim sangat berbeda terhadap dirinya.

Kisah Muslimah Prancis, Pindah Negara atau Lucuti Identitas. Muslimah Prancis di tengah kerumunan

 

 

Menurut dia, pada 2017 ketika hendak melakukan pemeriksaan dan penimbangan ke dokter tersebut, berat badan Nadia dikurangi dua kilogram. Nadia sadar, hal itu bukan karena timbangannya yang error, melainkan karena dokter tersebut selalu melirik pakaian tertutup Nadia dan pasmina yang dikenakannya.

"Biarkan rambut Anda bernapas, nanti bisa rontok karena memakainya sepanjang waktu,’’ ujar perawat lain kepada Nadia saat itu.

Tak sampai di sana, menjadi Muslim di Prancis, diakui Nadia, selalu dinilai kapan pun dan di mana pun. Bahkan, saat mengunjungi pusat grosir, orang-orang diakuinya selalu menatap seakan terganggu oleh kehadirannya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement