Sabtu 17 Apr 2021 17:09 WIB

Bau Minyak Goreng Picu Beruang Terobos Rumah Warga

Warga mengetahui beruang madu senang mengonsumsi minyak jelantah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Indira Rezkisari
Seekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus).
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Seekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN SOLOK -- Seekor satwa liar yang dilindungi jenis beruang madu atau Helarctos Malayanus nekat menerobos pemukiman warga di Jorong Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar). Beruang tersebut beraksi Jumat (16/4) kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Kejadian terekam video oleh warga dan kemudian tersebar di berbagai sosial media. Dalam video tersebut tampak seekor beruang mendekati panci yang diduga berisi minyak goreng. Beruang tampak menjilati dan minum dari panci tersebut. Tidak berapa lama, seorang meneriaki beruang tersebut sehingga membuat beruang itu kabur.

Baca Juga

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Solok Afrilius mengatakan kemunculan satwa tersebut bukan kali pertama. Kemunculan beruang terjadi sejak akhir Maret lalu.  Kemunculan sudah sering di beberapa lokasi dan selalu berpindah-pindah.

"Kemunculannya sejak 31 Maret 2021 malam. Kemudian berpindah pindah sesuai rumah yang tercium bau minyak bekas gorengan di dapurnya," kata Afrilius, Sabtu (17/4).

Kemunculan beruang kembali pada Selasa (13/4) mendatangi dapur salah seorang rumah warga bernama Ifkar. Ia menyebutkan, saat beruang tersebut menemukan minyak goreng bekas, maka akan diminum semuanya sampai habis.

Menurut Afrilius, beruang madu memang suka mengonsumsi minyak bekas. BKSDA kata dia sudah mengimbau agar warga menutup tempat penyimpanan minyak goreng. Begitu juga imbauan untuk warga yang punya usaha menjual gorengan agar tidak sembarangan meletakkan minyak bekas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement