Rabu 07 Apr 2021 13:15 WIB

Di Rakorbid Pariwisata, Begini Pesan Megawati

Rapat koordinasi nasional bidang pariwisata DPP PDIP yang digelar secara virtual

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Foto:

"Maka dalam politik pariwisata kita, kita harus sentuh anak dari usia PAUD, SD, SMP, hingga SMA, bahwa pariwisata Indonesia akan menarik hanya jika kita memperhatikan kebersihan dan keindahan lingkungan kita. Maka Ibu Megawati berpesan gerakan menanam ini harus jadi jati diri kita, gerakan hidup bersih harus terus kita lakukan," pungkas Hasto.

Ketua DPP PDIP bidang pariwisata, Wiryanti Sukamdani, menyatakan Megawati mendorong kader partai melaksanakan politik hijau untuk melestarikan lingkungan sebagai basis pengembangan pariwisata Indonesia ke depan. Lingkungan harus menjadi daya tarik utama. Sehingga setiap daerah harus berinovasi dengan produk wisata yang berbasis politik hijau yang menjaga lingkungan, namun juga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat.

"Pandemi covid ini telah membuat adanya larangan berkumpul. Ini jadi keputusan terberat bagi pariwisata. Tapi menyerah pada keadaan bukan cara kita. Kita harus bangkit, beradaptasi, dan berinovasi," kata Wiryanti.

"Di rakor ini, kita bahas bagaimana sektor lingkungan hidup jadi ujung tombak bangkitnya pariwisata Indonesia. Bu Mega sudah menginstruksikan Gerakan Penanaman Pohon secara masif di seluruh Indonesia. Ini bukan sekedar melawan krisis akibat global warming. Namun juga jadi motor kita mendorong pariwisata hijau dan gerakan kedaulatan pangan kita," urai Wiryanti.

"Artinya, eduwisata agro jadi salah satu jalan keluar agar perekonomian pariwisata Indonesia bangkit kembali," kata Wiryanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement