Rabu 07 Apr 2021 10:05 WIB

Sambut PTM, Pemkot Bogor Percepat Vaksinasi Guru di Mal

Lippo Plaza Ekalokasari Bogor berterima kasih dipercaya sebagai lokasi vaksinasi.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 kepada para karyawan retail saat vaksinasi massal di Mall BTM, Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/3).
Foto: Prayogi/Republika.
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 kepada para karyawan retail saat vaksinasi massal di Mall BTM, Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sesuai keputusan pemerintah pusat, pembelajaran tatap muka (PTM) siswa bisa dilaksanakan pada Juli 2021. Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus menggencarkan vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh sekolah di Kota Bogor sebelum PTM dilaksanakan.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Abdu Rachim mengatakan, salah satu indikator pelaksanaan PTM menjadi lebih aman, yaitu apabila vaksin sudah diberikan kepada seluruh satuan sekolah. Dengan diberikannya vaksin terhadap guru dan tenaga kependidikan lain, Dedie mengaku, Pemkot Bogor lebih percaya diri untuk melaksanakan tatap muka pada Juli mendatang.

"Itu tadi, apabila seluruh stakeholder di bidang pendidikan sudah mendapatkan vaksin, maka pemerintah akan lebih confidence untuk melaksanakan tatap muka di bulan Juli 2021," kata Dedie kepada Republika di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/4).

Dia menuturkan, saat ini seluruh satuan pendidikan di Kota Bogor belum mencapai tahap uji coba. Meskipun ada permintaan dari beberapa sekolah untuk melaksanakan uji coba PT secara mandiri. Dedie menegaskan, keputusan itu harus diselaraskan dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak juknis) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tak hanya itu, Pemot Bogor juga ingin memastikan dulu berapa vial vaksin yang akan datang lagi ke Kota Bogor. Sehingga, bisa terdata berapa banyak lagi guru, penjaga sekolah, penjaga kantin, pemilik sekolah, dan satuan tenaga kependidikan lainnya yang harus divaksinasi. Sebab, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor pun belum mengajukan ke Pemkot Bogor kapan uji coba PTM dilaksanakan.

Baca juga : Senyum Yuliana pada Hari Pertama Uji Coba Sekolah Tatap Muka

"Belum (mengajukan uji coba). Kan kita memastikan dulu nih, setelah rapat dipastikan berapa vial vaksin yang akan turun ke Bogor. Berapa banyak guru, pejaga sekolah, penjaga kantin yang harus divaksin, berapa banyak pemilik sekolah dan lain lain. Kalau itu selesai baru kita bisa masuk fase baru," tutur Dedie.

Sementara penyuntikan vaksin bagi tenaga pendidik SMP dan SMA di wilayah Kota Bogor masih terus dilaksanakan di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor. Pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga pendidik di pusat perbelanjaan atau mal tersebut dimulai sejak Senin (5/4) hingga Jumat (9/4).

Dalam rangka percepatan vaksinasi terhadap tenaga pendidik, vaksinasi di Lippo Plaza Ekalokasari  dibantu oleh tenaga medis dari Rumah Sakit Siloam Hospitals Bogor, dua rumah sakit lain, dan tiga puskesmas.

Mall Director Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Henky Hiantoro berterima kasih kepada Pemkot Bogor telah mempercayakan program vaksinasi dengan target tenaga pendidik kembali dilaksanakan di Lippo Ekalokasari Bogor.

"Kami berharap dapat mendukung program pemerintah untuk mempercepat target vaksinasi dengan menyediakan layanan dan fasilitas yang mudah dijangkau bagi peserta vaksin," tutur Henky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement