Sabtu 03 Apr 2021 15:27 WIB

Antisipasi Macet di Akhir Pekan, Ini yang Disiapkan Polri

masyarakat dapat mengakses pelayanan bidang lalu lintas yang cepat

Kakorlantas Polri berlakukan contraflow guna mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Rabu Dini Hari.
Foto: Screen Shoot @TMCPOLDAMETROJAYA
Kakorlantas Polri berlakukan contraflow guna mengurai kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Rabu Dini Hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Merespons kebutuhan masyarakat untuk meminimalisasi kemacetan berlalulintas di masa liburan Paskah membuat, Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan aplikasi berbasis digital.

Kombes Pol Rudi Antariksa, kepala bagian operasional Korlantas Polri, mengatakan pengembangan contact centre ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam menghadapi masa liburan panjang seperti sekarang.

“Contact Centre ini hadir untuk masyarakat supaya dapat mengakses pelayanan bidang lalu lintas yang cepat, konsisten, fleksible,” kata Rudi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (3/4)

Untuk operasionalisasinya, Rudi mengatakan, contact centre ini menerapkan layanan komunikasi dua arah yang dapat di akses 24 jam. “Untuk merespons kebutuhan yang tinggi di masa liburan seperti Sekarang ini maka kami menyiapkan para petugas professional pada NTMC POLRI,” ujarnya.

Rudi menjelaskan pada contact centre Korlantas Polri ini ada tiga layanan yang diberikan kepada masyarakat. Layanan melalui SMS Centre ke nomor 9119, Call Centre 1-500-669 dan aplikasi mobile NTMC Contact Centre.

“Aplikasi ini dapat di unduh pada google play dan app store. Masyarakat dapat menggunakan dengan mengisi data, kemudian dapat menyampaikan informasi sesuai kategori yang tersedia pada aplikasi,” kata Rudi.

“Isinya berupa informasi kemacetan, informasi kecelakaan, informasi rambu rambu, informasi balap liar, informasi praktek calo, informasi pungli, dan suap. Pada aplikasi ini, masyarakat juga dapat melampirkan video atau foto untuk melengkapi informasi yang disampaikan,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement