Jumat 26 Feb 2021 21:54 WIB

Sultan Minta Bupati Terpilih Optimalkan Kekayaan Daerah

Sultan melantik tiga bupati antara lain Sleman, Bantul dan Gunungkidul

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Bupati dan Wakil Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Pelantikan dilaksanakan di Bangsal Kepatihan menerapkan protokol kesehatan ketat karena pandemi covid-19 yang masih berlangsung.
Foto:

Pesan itu agar tidak menjadikan pemilu sebagai arena pertempuran politik sedemikian rupa sampai membahayakan keutuhan bangsa. Sultan berharap semua elemen pemerintahan dan masyarakat membantu bupati/wakil bupati melaksanakan agenda pembangunan.

"Sehingga, partisipasi dan kerja sama sinergis itu memberi jaminan rasa aman dan nyaman bagi seluruh rakyat," ujar Sultan.

Ia mengingatkan, masing-masing daerah memiliki kekayaannya sendiri. Sleman memiliki Gunung Merapi, UGM, UII dan lain-lain. Bantul memiliki Parangtritis, Parangkusumo dan lain-lain. Gunungkidul memiliki Gunung Sewu, Unesco Global Geopark dan lain-lain.

Sultan mengutip ucapan Presiden Persemakmuran Filipina, Manuel Luis Quezon, yaitu loyalitas kepada partai berakhir ketika loyalitas kepada negara dimulai. Konteks DIY lebih kepada penegakan keistimewaan DIY menuju kesejahteraan rakyat yang berkualitas.

Dengan pesan seperti itu agar para bupati dan wakil bupati cerdik mengatur skala prioritas agar program-programnya bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk, Sultan menambahkan, dalam rangka penanganan pandemi covid-19 yang masih berlangsung maupun dampaknya.

 

"Saya ucapkan selamat bekerja dan mengabdi untuk mengatasi covid-19 dan dampaknya dengan menyosialisasikan vaksinasi," kata Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement